Dinas Perdagangan Provinsi Gelar Pasar Murah HUT ke-61 NTB.

Sumbawa Barat. PublikOnline – Dinas Perdagangan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) menggelar pasar murah di lapangan alun-alun kota Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Selasa (10/12/2019).

Kepala Bidang Pengembangan Perdagangan Dalam Negeri Dinas Perdagangan Provinsi NTB, Ni Nyoman Darmilaswati mengatakan pasar murah diadakan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-61 NTB yang akan jatuh pada 17 Desember mendatang. Dalam pasar murah kali ini Dinas Perdagangan Provinsi NTB menyediakan beberapa barang kebutuhan pokok dengan total sekitar 4000 kemasan.

“Kami menyediakan dan menjual beberapa bahan pokok seperti telur 100 trei, minyak goreng kemasan 1 liter dan dua liter sejumlah 20 dus, terigu tiga merek, gula kemasan satu kilogram sebanyak tujuh karung. ” Jelasnya.

Pasar murah yang digelar Dinas Perdagangan Provinsi ini adalah yang ke empat kalinya di Sumbawa Barat, sambung Ni Nyoman. Menurutnya, lokasi di alun-alun kota Taliwang sudah pas untuk pasar murah karena lokasi pemukiman padat penduduk dan masyarakat yang berpenghasilan menengah ke bawah dapat dengan mudah mengaksesnya. Perbedaan harga pada pasar murah cukup lumayan yaitu sekitar Rp1000 hingga Rp2000 dari harga normal di pasar modern maupun pasar tradisional.

Baca Juga : empat-atlet-futsal-sumbawa-barat-ikut-seleksi-pon-papua/

“Barang-barang ini kami datangkan langsung dari distributornya dan kami usahakan sama dengan harga Harga Eceran Tertinggi (HET) nya yang dapat dijangkau masyarakat,” katanya.

Untuk menghadapi Natal dan Tahun baru mendatang Dinas Perdagangan Provinsi NTB akan tetap menggelar pasar murah tetapi hanya di area kota Mataram, hal tersebut dikarenakan terbatasnya anggaran sehingga pasar murah tidak dapat digelar di luar kota Mataram. Jika dilakukan maka perlu pembiayaan untuk menghadirkan distributor di masing-masing kabupaten.

Selain Dinas Perdagangan, pasar murah juga diikuti oleh toko modern Alfamart, Indomart, Dinas Ketahanan Pangan, dan Bulog yang menyediakan barang-barang yang harganya lebih murah dari harga normal.

Bulog Sumbawa Berpartisipasi dengan Menyediakan Bahan Kebutuhan Pokok dengan Harga Lebih Murah

Sementara itu salah satu staf Bulog Sumbawa, Endi Rosdi menjelaskan bahwa beberapa barang yang disediakan dan dijual di pasar murah adalah barang yang dikemas sendiri oleh Bulog dengan harga yang cukup murah.

“Kami membawa beberapa barang yang kami produksi dan kami kemas sendiri sehingga harganya lebih murah seperti minyak goreng berkualitas kemasan 1 liter dengan harga Rp12.000 yang biasanya seharga Rp22.000, terigu 1 kilogram dengan harga Rp8500,” ungkapnya.

Bulog juga menyediakan Beras Merah bermutu tinggi, beras medium kemasan 5 kg dengan harga Rp55.000, beras premium 5 kg seharga Rp45.000 dan gula kemasan 1 kg dengan harga Rp12.500. Selain itu mereka juga menyediakan beras untuk kesehatan yang mengandung banyak manfaat bagi kesehatan yang telah diuji oleh BPOM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *