Tower Diskominfo Roboh. Internet Sementara Tidak Dapat diakses.

Sumbawa Barat. PublikOnline – Tower setinggi 20 meter milik Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) yang dipasang di sekretariata Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Telaga Bertong kecamatan Taliwang roboh karena angin kencang yang terjadi sekitar pukul 15:30 Wita, Sabtu sore (21/12/2019).

Tower yang dipasang pada tahun 2018 lalu tersebut merupakan sarana dan prasarana wireless e-government yang dimanfaatkan oleh Sekretariat DPRD untuk memberikan jaringan internet melalui jaringan fiber optik yang disalurkan melalui pemasangan frekwensi radio.

Salah seorang tim Informasi Tekhnologi (IT) Diskominfo KSB, Zein yang terjun langsung ke lokasi robohnya tower, Senin (23/12/2019) menceritakan bahwa tower tersebut roboh akibat hantaman pohon besar yang ada di dekatnya. Pohon itu tumbang diterjang angin kencang dan hujan.

Baca Juga : kodim-1628-sb-bagikan-kacamata-baca-gratis-manfaatnya-sangat-dirasakan-oleh-guru-ngaji/

“Towernya roboh karena dihantam pohon besar yang tumbang, dan sepertinya tidak bisa diperbaiki lagi karena rusak parah,” kata Zein.

Diskominfo KSB tahun lalu telah menyediakan jaringan yang berkecepatan tinggi untuk melayani jaringan internet pada semua Organisasi Perangkat Daerah termasuk sekretariat dprd. Tersedianya jaringan Fiber Optik tersebut untuk menunjang terlaksananya e-Government atau pemerintahan berbasis elektronik yang bersih dan akuntabel.

Pasca kejadian tersebut jaringan internet yang menggunakan Fiber Optik di kantor Sekretariat DPRD KSB untuk sementara tidak dapat digunakan.

Baca Juga : cek-lokasi-rawan-bencana-bersama-kepala-bnpb-ri-danrem-162-wb-himbau-warga-untuk-tidak-berladang-liar/

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika melalui Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika, Saifullah mengatakan, butuh waktu dan biaya untuk kembali memperbaiki tower tersebut karena kerusakannya cukup parah.

“Untuk sementara Diskominfo membackup jaringan menggunakan VPN guna untuk melayani kebutuhan jaringan yang ada di sekretariat DPRD KSB, besok Kamis kami akan membuat laporan ke Bupati Sumbawa Barat karena baru sore tadi ada laporan yang disampaikan oleh sekwan melalui kepala dinas Kominfo,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *