Ricuh, Puluhan Massa Dobrak Inspektorat dan Kantor Pemda Dompu.

Dompu. PublikOnline – Aksi unjuk rasa yang dilakukan oleh Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Dompu di kantor Inspektorat kabupaten Dompu dan kantor pemerintah daerah Dompu memanas, Rabu (22/1/2020) pukul 09.00 Wita.

Aksi ujuk rasa yang dilakukan puluhan orang tersebut buntut dari masih tumpang tindihnya persoalan akibat gagalnya Perusahaan Daerah (Perusda) Dompu dalam meningkatkan pendapatan perusahaan daerah sehingga merugikan daerah.

Massa aksi yang berjumlah kurang lebih 50 orang tersebut juga menuntut kejelasan perusahaan daerah di kabupetn Dompu ke depannya untuk turut serta melaksanakan pembangunan daerah khususnya dan pembangunan bidang ekonomi.

Massa yang berunjuk rasa diterima baik oleh pihak Inspektorat Dompu untuk melakukan dialog di dalam ruang rapat. Akan tetapi, kelompok HMI menolak dengan melakukan pelemparan batu kearah atap kantor.

“Massa menolak untuk berdiskusi dengan melempar atap kantor, untungnya anggota yang berjaga sigap menghentikannya,” ungkap Kapolres Dompu melalui Kasat Intelkam, IPTU Abdul Haris saat dikonfirmasi, di Dompu, Rabu.

Dalam hal pengamanan, IPTU Abdul Haris mengatakan Kepolisian telah melakukan pengamanan kericuhan sesuai prosedur (SOP) yang berlaku.

“Selanjutnya pihak Kepolisian memberikan himbauan kepada kelompok HMI agar tidak melakukan tindakan anarkis, hal itu untuk meredam suasana yang sempat memanas”, kata Abdul Haris.

Merasa tidak puas atas tanggapan dari pihak Inspektorat perihal tuntutan yang sampaikannya, massa aksi melanjutkan aksinya di depan kantor pemerintah daerah kabupaten Dompu dan kembali melakukan aksi ricuh dengan mendobrak pintu gerbang kantor pemda Dompu.

“Akibat aksi ricuh tersebut, dua anggota dari pihak Kepolisian mengalami luka akibat terkena benturan dari pintu besi yang didobrak masa aksi yakni Aipda Helmi dan Briptu Ngurah Ari”, jelas Kasat Intelkam.

Beruntung aksi tersebut dapat diredam setelah dilakukan negosiasi dengan mempertemukan massa aksi dan pihak Pemerintah Daerah dalam hal ini diwakili oleh Asisten III Drs. H. Gaji Amansyuri dan Kabag Humas M. IKSAN, S.TT, MM untuk menyampaikan aspirasinya terkait permasalahan yang ada di tubuh Perusda Kabupaten Dompu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *