PKK Sumbawa Barat Sosialisasikan Deteksi Dini Melalui Iva Test di Puskesmas Seteluk

Sumbawa Barat. PublikOnline – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Sumbawa Barat, Hj. Hanifa Musyafirin melakukan monitoring dan mengunjungi pelayanan gratis Inspeksi Visual dengan Asam asetat (IVA) Test yang dilakukan di Puskesmas Seteluk, KSB, Minggu (1/3/2020).

Selain melakukan monitoring terhadap pasien yang melakukan iva test, TP PKK juga melakukan pencerahan kepada kaum ibu-ibu di Kecamatan Seteluk melalui sosialisasi kanker serviks dan kanker payudara, deteksi dini melalui Iva Test dan Sadanis (pemeriksaan payudara klinis).

Kegiatan ini adalah upaya pemerintah KSB melalui TP PKK dalam mencegah kangker serviks yang diikuti oleh kader-kader posyandu dan masyarakat seluruh desa di Kecamatan Seteluk dengan total kurang lebih 300 peserta.

Ketua TP PKK KSB, Hj. Hanifa Musyafirin, di Taliwang, Minggu, mengatakan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan taraf kesehatan para wanita, salah satunya adalah mencegah penyakit kanker.

”Saya sarankan kepada ibu-ibu segera memeriksakan diri untuk mengetahui kangker mulut rahim, agar dapat dideteksi sedini mungkin dan dapat segera diobati, terutama kepada wanita yang sudah bersuami,” katanya.

Menurutnya, kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk perhatian pemerintah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap kesehatan, melalui pemeriksakan dini penyakit kanker dengan cara IVA Tes dan Sadanis.

Sementara, Kepala Puskesmas Seteluk, Latifa, A.Md,Kep., mengungkapkan bahwa kegiatan ini telah sering dilakukan oleh TP PKK Kecamatan Seteluk bekerjasama dengan Puskesmas.

“Kami juga memberikan sosialisasi, agar semua paham cara memelihara kesehatan wanita, sehingga dapat diperiksa sedini mungkin untuk mencegah kangker,” katanya.

Dijelaskan Latifa, pemeriksaan Iva Test ini dilakukan tiga tahun sekali, jika dalam pemeriksaan dideteksi adanya indikasi penyakit, maka akan dilakukan pengobatan dengan cara memberikan vaksin kepada penderita dan ditangani oleh bidan dan dokter yang sudah terlatih.

Ketua Penggerak PKK Kecamatan Seteluk, Dila Adekayanti, megungkapkan rasa syukurnya atas partisipasi para ibu-ibu yang memberikan antusiasnya untuk datang memeriksakan kesehatannya.

“Alhamdulillah antusias ibu-ibu di Kecamatan ini sudah sangat tinggi, saya mengapresiasi kehadiran ibu-ibu di kegiatan ini,” katanya.

Dila juga mengucapakan terimakasih kepada Bupati KSB atas kebijakannya dalam mendukung kegiatan Iva Test dan Ketua TP PKK Kabupaten sebagai pengarah atas perhatian dan kepeduliannya terhadap kesehatan para wanita KSB.

Dikatakan Dila, Kegiatan ini juga untuk mempersiapkan Kecamatan Seteluk dalam menghadapi lomba Iva Test tingkat Nasional mewakili Provinsi Nusa Tenggara Barat yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

TP PKK Kecamatan Seteluk sebelumnya telah dipilih menjadi jawara di tingkat Provinsi. Ada beberapa indicator penilaian dari lomba Iva Test, diantaranya dari dukungan dan kebijakan pemerintah daerah maupun dukungan dari TP PKK mulai dari Provinsi, Kabupaten hingga Kecamatan dan Desa yang selalu bersinergi. Seperti dalam kegiatan Iva Test, demikian juga dengan pendanaan dan peran serta masyarakat dalam mendukung Iva Test.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *