Kapolres Dompu : Lakukan Ini Untuk Cegah penyebaran Virus Corona.

Dompu. PublikOnline – Wabah Virus Corana yang menyerang Kota Wuhan di Cina mengakibatkan ratusan korban meninggal dunia dan ribuan orang terinfeksi. Virus itu juga menyerang beberapa Negara di Asia dan Eropa, termasuk Indonesia.

Presiden Joko Widodo yang didampingi menteri kesehatan pada Senin (2/3/2020) kemarin di Jakarta mengumumkan dua warga negara Indonesia yang positif terinveksi Virus mematikan tersebut.

“Virus Corona bisa saja menyebar jika tidak ditangani secara seriu, Oleh karena itu, kami mengajak masyarakat waspada dan melakukan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) agar tidak tertular,” Kata Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat, S.IK., melalui himbauannya di Dompu, Kamis (5/3/2020).

“Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan agar terhindar dari penularan virus corona, antara lain, tidak bepergian ke Negara lain yang terkena wabah virus Corona, selalu menggunakan masker saat keluar rumah, pastikan mencuci tangan dengan air dan sabun secara menyeluruh,” jelas.

Salah satu media penularan virus Corona maupun virus lainnya adalah melalui udara. Kapolres menghimbau agar menggunakan masker dengan baik dan benar saat keluar rumah dan ke tempat ramai.

Selain itu, tutup mulut dengan kain atau tisu saat bersin, hindari keras menyentuh mata, mulut, selaput lendir terbuka sebelum mencuci tangan dengan sabun atau disinfektan.

“Untuk menghindarkan tertularnya virus rajin menjaga daya tahan tubuh dengan cara makan dengan gizi yang seimbang, rajin olahraga dan istrahat yang cukup. Serta jaga kebersihan lingkungan, gunakan masker bila batuk atau tutup mulut menggunakan lengan atas bagian dalam jika batuk,” tuturnya.

Selain itu, minum air 8 gelas perhari, makan makanan yang dimasak sempurna, dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan virus Corona.

“Bila demam, disertai batuk dan sesak napas maka segera lakukan pemeriksaan ke layanan kesehatan terdekat,” katanya.

Terkadang air liur orang yang sakit dapat juga menempel pada barang-barang atau fasilitas umum seperti kenop pintu, pulpen,mouse,pegangan kereta,tisu, gelas, perangkat digital,tombol lif, dan pegangan tangga, alat makan dan handuk.

Cara efektif untuk membasmi virus tersebut adalah dengan mencuci tangan menggunakan air bersih dan sabun sebelum makan dan setelah bepergian dari tempat umum.

“Cuci tangan secara menyeluruh di bagian belakang dan sela-sela jari dan bersihkan kuku, jangan pakai masker lebih dari satu hari, atau membuangnya jika sudah terasa kotor,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *