MTQ ke IV Tingkat Kecamatan Poto Tano Dibuka. Wadah Tingkatkan Tuntas Baca Alquran.

Musabaqak Tilawatil Quran (MTQ) ke IV tingkat Kecamatan Poto Tano tahun 2020 mulai digelar. Gelaran MTQ dibuka langsung oleh Camat Poto Tano, Agusman, S.Pt., Rabu (11/3/2020). MTQ diikuti oleh 82 peserta dari seluruh desa di Kecamatan Poto Tano.

Tema MTQ yang digelar di Desa Tambak Sari tersebut adalah ”Dengan semangat MTQ kita tingkatkan Tuntas Baca Alquran (TBA) di Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)”.

Dalam sambutannya, Camat Poto Tano mengatakan, MTQ menjadi wadah bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan semangat dan motifasi yang tinggi bukan saja bagi para pejabat dan aparatur, tetapi bagi seluruh lapisan masyarakat di KSB untuk senantiasa belajar membaca Al-quran.

“Ini mempunyai pengaruh positif yang luarbiasa juga bagi kalangan Ibu-ibu di setiap lingkungan untuk belajar mengaji dengan membentuk kelompok pengajian TBA, yang didampingi oleh para Treiner, para Ustad ataupun para ugru ngaji yang ada dilingkungan masing-masing,” kata Camat yang akrap dipanggil Daeng Agus.

Menurutnya, tidak ada kata terlambat untuk membangun diri dan keluarga untuk membumikan program pemerintah Daerah.

“Bersama TP PKK mari kita bersama-sama membangun komunikasi dan bergerak untuk menjadi Pioner dalam menuntaskan Baca Alquran ditengah masyarakat kita,” tuturnya.

Didalam pelaksanaan MTQ, tambahnya, ada tujuan yang dapat dicapai seperti dapat memelihara, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan, pemahaman, penghayatan serta penyebarluasan Alqur’an ditengah-tengah masyarakat.

“Al Qur’an sebagai spirit dalam membangun desa, Daerah dan Nasional melalui pendekatan Agama,” ungkapnya.

Selain itu Al-quran dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dalam implementasi di kehidupan sehari-hari. Manfaat spritual sebagai syiar agama dan menumbuhkan kecintaan kita pada Al Qur’an sebagai Kitab suci yang menjadi Pedoman Hidup bagi kita ummat islam dan manfaat Sosial yaitu meningkatkan jalinan silaturrahmi dan Ukhwa Islamiayah.

“Mari kita lestarikan Budaya Baca Al Qur’an sebagai amalan Kesehatan, dan solusi dari permasalahan degradasi Moral yang sedang marak terjadi dibeberapa tempat dalam lingkungan sekitar kita,” katanya.

Pada moment ini, Daeng Agus berharap, para peserta lomba MTQ ini benar-benar serius memperbaiki prestasi maupun peringkat juara di antara 8 kecamatan di KSB yang akan berkompetisi nantinya di MTQ tingkat Kabupaten.

“Tetap semangat, berusaha dan sportif. InsyaAllah jika kita melakukan dengan ikhlas, jujur dan sungguh-sungguh maka hasilnya akan kita dapati,” ucapnya.

Camat juga menghimbau kepada masyarakat Poto Tano, mampu menjadi pioneer terdepan dalam membangun toleransi dan kebersamaan, bilamana terjadi hal-hal yang berpotensi mengganggu kamtibmas, agar segera mengambil langkah langkah preventif dan meningkatkan Kewaspadaan Dini.

Adapun rincian peserta MTQ adalah, 34 peserta Tartil, 19 peserta Tilawah anak-anak, 5 peserta Tilawah remaja, 6 peserta Tilawah Dewasa, 9 peserta Tahfiz 1 Juz, dan 9 peserta Syarhil.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *