Sembilan Kelompok Nelayan di KSB Akan Mendapat Bantuan Sampan Komplit.

Sumbawa Barat. PublikOnline – Untuk menunjang produksi hasil tangkap nelayan, Dinas Perikanan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan memberikan bantuan sampan komplit kepada sembilan kelompok nelayan di KSB.

Bantuan yang akan diberikan oleh Dinas Perikanan berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK0 dari kementrian Kelautan dan Perikanan dengan total anggaran Rp 1.030.000.000.

Kepala Dinas Perikanan KSB, Ir. H. Mansyur Sofian, M. Si, di Taliwang, Rabu, mengatakan, Sembilan kelompok yang akan menerima bantuan nantinya adalah kelompok yang sudah diverifikasi terlebih dahulu oleh penyuluh perikanan lapangan (PPL).

“PPL telah memverifikasi Sembilan kelompok tersebut, itulah kelompok yang kami berikan bantuan sampan lengkap,” katanya.

Baca Juga : babinsa-karang-dima-bersama-poktan-tunas-baru-bersihkan-saluran-irigasi-tersumbat/

Kelompok-kelompok tersebut berada di beberapa kecamatan di antaranya Kecamatan Sekongkang, Taliwang, Jereweh dan Kecamatan Poto Tano.

Ia menuturkan, kelompok yang mendapatkan dana DAK tidak sembarang kelompok, harus diverifikasi ketat oleh PPL, memiliki kelompok usaha bersama dan masuk dalam kartu pelaku usaha perikanan (Kusuka).

“Saat ini, prosesnya administrasinya sedang berjalan dan menunggu tender,” katanya.
Dia berharap kepada kelompok nelayan yang mendapatkan bantuan agar memanfaatkan bantuan yang diberikan oleh pemerintah dengan baik, tidak dipindahtangankan, dipelihara dan semoga produksi nelayan semakin banyak.

Bantuan ini juga diharapkan meningkatkan pertumbuhan ekonomi para nelayan sehingga mampu menggerakan perekonomian daerah dan nasional.

Sementara Kepala bidang Perikanan Tangkap Arkamuddin, S. Pi menjelaskan, bahwa tahun ini pemerintahdaerah juga memberikan bantuan sampan ke nelayan yaitu berupa sampan laut dan sampan danau.

Sesuai permintaan yang masuk, Dinas Perikanan pada Tahun 2020 telah mengalokasikan sampan danau sebanyak 8 unit dan sampan laut sebanyak 33 unit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *