Peringatan Isra Mi’raj. Wabup Ajak Warga Teladani Rasulullah Dalam Kehidupan Sehari-hari.

Sumbawa Barat. PublikOnline – Dalam rangka memperingati dan memaknai Isra’ Mi’raj nabi Muhammad SAW 1441 Hijriah yang jatuh pada 22 Maret 2020 mendatang, Wakil Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB), Fud Syaifuddin, mengajak masyarakat KSB untuk memaknai Isra’Mi’raj dengan meneladani kehidupan nabi Muhammad SAW dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati KSB, Fud Syaifuddin, dalam peringatan Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW di Masjid Nurul Iman Dusun Pelamlagi Desa Banjar Kecamatan Taliwang, (17/3/2020).

“Isra’ Mi’raj adalah sejarah besar bagi umat Islam, kita dapat memaknainya dan mengambil hikmah dari perjalanan tersebut untuk lebih memperkuat hubungan Ukhuwah Islamiyah,” kata Fud di Taliwang, Selasa. 

Bang Fud sapaan akrab Wakil Bupati, juga mengatakan, Isra’ Mi’raj adalah tonggak sejarah bagi proses penyempurnaan risalah yang diterima Rasulullah SAW.

“Kegiatan yang kita selenggarakan ini sebagai wujud ketakwaan kita dalam menyiarkan ajaran dan agama Allah Swt yang kita imani secara bersama-sama. Saya berharap dapat berdampak positif terutama meningkatkan shalat yang meneladani perilaku nabi Muhammad SAW,” katanya.

Di balik hiruk pikuk perbedaan pendapat terkait kapan peristiwa ini terjadi, tambah Bang Fud, terdapat hikmah dan pelajaran berharga yang sayang untuk dilewatkan.

Rangkaian nilai dan pesan tersebut, juga bermakna “al-Isra wa al-Mi’raj Durus wa Ibar”, dapat diposisikan sebagai motivasi untuk kembali memperteguh komitmen keagamaan seseorang.

Isra Mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW atas perintah Allah SWT yang ditempuh dalam waktu semalam.

Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad dari Masjidil Haram di Mekkah ke Masjidil Aqsho di Yerussalem.

Sedangkan Miraj adalah perjalanan Nabi Muhammad dari bumi menuju langit ketujuh, lalu dilanjutkan ke Sidratul Muntaha.


Sebagian orang meyakini Isra Mi’raj terjadi pada bulan Rajab. Isra Mi’raj diperingati setiap 27 Rajab, tahun ini jatuh pada Minggu, 22 Maret 2020.

Dalam peringatan itu juga, Bang Fud juga langsung menyaksikan pembangunan masjid di Dusun Plamlagi yang dibangun oleh warga dibantu oleh pemerintah daerah yang sudah hampir rampung atau sudah mencapai 80 persen.

Masjid tersebut akan ditargetkan rampung sebelum perayaan Idul Fitri, sehingga dapat juga  digunakan untuk ibadah selama bulan Ramadhan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *