Sejumlah Tokoh Agama di Dompu Imbau Warga Ikuti Anjuran Pemerintah Sholat Idulfitri di Rumah.

Dompu – Dalam mencegah dan memutus penularan covid-19, sejumlah tokoh agama di Dompu memberikan imbauan kepada masyarakat dalam melaksanakan sholat Idulfitri 1441 Hijriah.

Imbauan untuk melaksanakan sholat Idulfitri itu disampaikan oleh ketua umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Dompu, Abdullah Arsyad SAg, saat ditemui di Dompu, Kamis (21/5).

Ia mengatakan, kebijakan melaksanakan sholat Idulfitri telah diserahkan kepada daerah masing-masing, namun untuk memegang teguh rasa kenyamanan agar tidak membahayakan masyarakat pada umumnya maka ikutilah apa yang diimbau pemerintah.

Sementara itu, Kepala Kemenag Dompu, Drs H Syamsul H Ilyas MSi, juga meminta masyarakat Dompu untuk mengikuti imbauan pemerintah yaitu sholat Idulfitri dilakukan di rumah bersama keluarga.

“Ini untuk mencegah dan memutus mata rantai penularan covid-19,” katanya.

Hal senada diungkapkan Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Dompu, Drs H Dahlan, Ia mengatakan jika berkumpul-kumpul penularan virus Corona ini sangat cepat, maka dihimbau juga warga sholat di rumah.

Pimpinan Pondok Pesantren Salman, Ustad H Lalu Syarifuddin SQ, Desa O’o Kabupaten Dompu mengatakan, dalam rangka meminimalisir dan membatasi perkembangan Corona di Dompu maka hendaknya masyarakat melakukan sholat di rumah masing-masing.

“Di tengah-tengah covid-19 ini kita hendaknya melakukan sholat Idulfitri di rumah saja beserta rangkaian acaranya, takbir maupun silaturahim sesudah Idulfitri dilakukan dengan keluarga inti saja,” katanya.

Selain itu juga, tokoh agama, Ustad Elharis Abdul Qodir Lc, juga mengatakan kondisi ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dalam melaksanakan sholat Idulfitri.

“Kita diimbau melaksanakan sholat Idulfitri di rumah, ini semua demi keselamatan kita bersama,” katanya.

Ia juga mengatakan, dalam hal ini kita tidak boleh saling menyalahkan karena itu justru akan menimbulkan keresahan di tengah-tengah masyarakat kita.

Sama hal nya dengan pernyataan Pimpinan Pondok Pesantren Usama Bin Affan, Ustad Zainuddin S Pdi. Ia mengatakan sejumlah wilayah sudah dinyatakan sebagai zona merah itu berarti penyebaran covid-19 sudah menghawatirkan, maka Ia menghimbau seluruh masyarakat untuk mengikuti anjuran pemerintah demi keselamatan dan kenyamanan.

Menindaklanjuti surat edaran Gubernur NTB, Kapolres Dompu, AKBP Syarif Hidayat SIK MH, juga menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Dompu mengindahkan anjuran dan imbauan pemerintah untuk tidak melakukan takbiran keliling dan melaksanakan sholat Idulfitri di rumah masing-masing.

Imbauan itu dilakukan mengingat semakin tingginya penularan virus Corona di Nusa Tenggara Barat.

“Ini bentuk manifestasi kepedulian kita dalam hal memutus mata rantai penularan virus Corona,” kata Kapolres Dompu, melalui PS Paur Subbag Humas Aiptu Hujaifah di Dompu, Kamis (21/5).

Disampaikan Kapolres, pemerintah tidak bermaksud menghalang-halangi kegiatan ibadah tetapi demi keselamatan bersama maka sebaiknya masyarakat mengikuti anjuran pemerintah.

“Ini demi memutus mata rantai covid-19 dan selamat Hari Raya Idulfitri 1441 Hijriah mohon maaf lahir bathin,” tutupnya.

One thought on “Sejumlah Tokoh Agama di Dompu Imbau Warga Ikuti Anjuran Pemerintah Sholat Idulfitri di Rumah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *