Dukung dan Sukseskan Kampung Sehat, Bupati Sumbawa Barat Libatkan Agen Pemberdayaan Gotong Royong

Sumbawa Barat. SIARPOST – Untuk mensukseskan Lomba Kampung Sehat, Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) akan mengintegrasikan atau menggabungkan dengan program daerah pemberdayaan gotong royong (PDPGR) menuju tatanan baru.

Bupati KSB, H W Musyafirin mengatakan, mengintegrasikan lomba kampung sehat dengan program tersebut dapat mensukseskan pencapaian kampung sehat di semua desa sehingga semua dapat mengikuti lomba.

Selain itu partisipasi dan kedisiplinan masyarakat menjadi kata kunci untuk keberhasilan kampung sehat dalam hidup menuju tatanan baru atau new normal.

“Ada petugas-petugas kita yang selama ini getol memperjuangkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) yang di dalamnya ada lima pilar hidup sehat, itu sangat mendukung pencapaian kampung sehat,” kata Bupati.

Seperti diketahui, agen PDPGR sudah bekerja selama hampir lima tahun dan meraka ada di setiap desa bersinergi bersama Babinsa dan Bhabinkamtibmas untuk menerapkan kehidupan yang sehat.

“Kita harus berdayakan agen, kita libatkan mereka untuk mendukung lomba kampung sehat ini,” katanya.

Menurut Bupati, penerapan hidup sehat ini sejak dulu telah diterapkan oleh masyarakat KSB dibantu agen Babinsa dan Bhabinkamtibmas, untuk menuju kampung sehat dalam tatanan baru tinggal diberi sedikit sentuhan dan tambahan terkait protokol kesehatan.

Yang sangat penting, kata Bupati, bagaimana aktivitas masyarakat harus menerapkan protokol kesehatan.

Aktivitas masyarakat tetap berjalan sehingga ekonomi produktif juga tetap berjalan, karena tidak mungkin masyarakat terus diam di rumah sampai waktu yang tidak ditentukan.

“Kita mulai melangkah dan berani agar semua lini dan bidang ekonomi produktif tetap berjalan, karena Covid-19 ini tidak mungkin bisa kita hindari tetapi kita harus berani beraktivitas asal menerapkan protokol kesehatan,” katanya.

Bupati berharap kepada pihak Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa untuk segera mempersiapkan segala sesuatunya, sehingga pada tanggal 30 Juni pemenang lomba kampung sehat tingkat kecamatan sudah diumumkan.

One thought on “Dukung dan Sukseskan Kampung Sehat, Bupati Sumbawa Barat Libatkan Agen Pemberdayaan Gotong Royong

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *