Lestarikan Budaya, Desa Labuhan Kertasari Gelar Ballona Festari 2020, Sejumlah Lomba Diadakan

Sumbawa Barat, SIARPOST – Dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, masyarakat desa Labuhan Kertasari bersama mahasiswa KKN Universitas Negeri Yogyakarta melaksanakan kegiatan Ballona Festari 2020.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Sekretaris Dinas Pendidikan Kebudayaan dan Pariwisata Sumbawa Barat, Zainuddin di Lapangan Desa Labuan Kertasari Kecamatan Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat (KSB). Minggu (11/10).

Pembukaan Ballona Festari 2020 ini turut dihadiri Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbawa Barat, Andi Laweng serta masyarakat desa Labuan Kertasari. Kegiatan ini dimeriahkan dengan penampilan tari bunga rampe yang dipentaskan oleh ibu-ibu PKK serta pemuda/pemudi desa labuan kertasari kurang lebih 100 orang penari.

Baca juga : Tim Opsnal Sat Resnarkoba Polres Lobar Ungkap Kasus Narkoba di Desa Taman Baru Sekotong

Kepala Desa labuan Kertasari, Syarifuddin dalam sambutannya menyampaikan bahwa, pada kegiatan Ballona Festari ini akan dilaksanakan beberapa perlombaan, seperti lomba perahu (lopi-lopi) yang bertujuan untuk melestarikan budaya setempat serta untuk mengenang para leluhur yang dulunya mengarungi samudera luas hanya menggunakan perahu layar, begitu pula budaya seribu dulang yang dilaksanakan dalam rangka memperingati maulid nabi saw.

“Kami sangat bangga menjadi bagian dari Desa Kertasari karena adat, budaya nenek moyang masih tetap dijunjung tinggi contohnya adanya kegiatan lopi-lopi, seribu dulang dan kegiatan lainnya yang dikemas dalam Ballona Festari 2020” jelasnya.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sumbawa Barat, Andi Laweng mengatakan, kekayaan alam dan kegiatan kebudayaan seperti ini sangat berpotensi besar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Labuhan Kertasari, sehingga besar harapannya kegiatan seperti ini harus dilaksanakan setiap tahunnya.

Pada kesempatan itu ia juga mengajak masyarakat Kertasari untuk terus mendukung pariwisata yang ada disana.

“Mohon kepada seluruh masyarakat Kertasari untuk bersama-sama mendukung pariwisata yang ada dikabupaten Sumbawa Barat khususnya yang ada di desa kita Labuan Kertasari” imbau Andi Laweng.

Baca juga : Dialog Dengan Organisasi Buruh, Danrem : Junjung Tinggi Kondusifitas Saat Menyampaikan Aspirasi

Tidak jauh berbeda dari yang disampaikan oleh Andi Laweng, Sekretaris Dinas Dikbudpar KSB, Zainuddin dalam sambutannya mengajak kita untuk siap mengkondisikan diri dan mengambil bagian dalam perubahan dan pembangunan yang akan kita hadapi kedepannya.
Ia juga menegaskan untuk mensinergikan petani rumput laut dengan pariwisata.

“Mari kita sinergikan petani rumput laut dengan pariwisata, bagaimana supaya pertanian atau lahan rumput laut menjadi wisata edukasi sehingga mereka yang tidak paham tentang rumput laut bisa belajar bagaimana bertanam rumput laut dan sebagainya. Sehingga keberadaan petani rumput laut tidak akan bergesekan dengan kegiatan pariwisata” tegasnya.

Pada akhir sambutan, atas nama pemerintah kabupaten sumbawa barat, Sekdis pariwisata memberikan dukungan kepada masyarakat kertasari untuk terus menggali budaya-budaya yang sempat tertanam serta terus melestarikan budaya lopi-lopi sampai anak-anak cucu dan sepanjang masa.

Agenda Ballona Festari 2020 akan berlangsung selama 14 hari dimana puncak ataupun penutupan akan digelar bertepatan dengan peringatan maulid nabi Muhammad saw.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu