Inilah Sejumlah Taktik dan Startegi Penempatan Personel Polres KSB Amankan Tahapan Pilkada

Sumbawa Barat, SIARPOST – Polres Kabupaten Sumbawa Barat akan all out atau melakukan segalanya untuk mengamankan Pilkada yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020 mendatang.

Untuk maksimalnya proses pengamanan tersebut, sejumlah Taktik dan strategi dibahas dalam Tactikal Floor Game Sispam Kota yang digelar di Mapolres setempat, Jumat (16/10).

Dalam kesempatan itu, Kabag Ops Polres Sumbawa Barat AKP Iwan Sugianto SH memaparkan sejumlah Taktik dan strategi dalam pengamanan Pilkada. Salah satunya pada saat terjadinya aksi unjuk rasa yang diperkirakan terjadi di KPUD.

Baca juga : Bhabinkamtibmas Desa Mura Manfaatkan Setiap Moment Untuk Edukasi Masyarakat

Dalam Tactikal game ini para PJU Polres dan Forkompida yang hadir dapat memberikan masukan dan menyarankan apa yang dapat dilakukan di lapangan agar permainan hidup sehingga dapat dilaksanakan dengan baik di lapangan.

“Dalam pengamanan Pilkada ini kekuatan personel yang melakukan pengamanan sekitar 1.263 anggota gabungan dari instansi terkait,” kata AKP Iwan.

Ia juga memerintahkan Kasat Binmas untuk melakukan imbauan kepada massa aksi untuk tidak melakukan aksi anarki.

Polres Sumbawa Barat juga telah mempersiapkan Dalmas awal sebanyak 100 personel yang akan dipimpin oleh Ka SPKT, Handoko.

“Kami juga telah menyiapkan personel untuk escape di kantor KPUD setempat,” jelasnya.

Baca juga : Satlantas Polres Sumbawa Ajak Pengendara Tetap Disiplin Protokol Kesehatan dan Bagi-Bagi Masker

Untuk Dalmas, katanya, jika massa aksi melakukan pelemparan, maka Dalmas awal akan diganti menjadi Dalmas lanjutan yang lebih kuat.

Dan jika situasi mulai merah atau Chaos maka pasukan dari Brimob akan mengambil alih dipimpin Danki Brimob.

“Taktik dan strategi ini untuk menghadapi jika terjadi hal tidak diinginkan nantinya di lapangan, namun kita sama-sama berdoa semoga Pilkada di Sumbawa Barat khususnya dan umumnya di Indonesia berjalan aman dan kondusif,” tuturnya.

Selain itu, tambahnya, jika terjadi keributan di salah satu TPS maka Polsek terdekat yang lebih dulu membackup sembari menunggu datangnya anggota dari Polres.

Kegiatan ini dihadiri oleh Sekda Sumbawa Barat H Abdul Aziz SH, Dandim 1628 Sumbawa Barat Letkol CZI Sunardi ST MIP, Kapolres Sumbawa Barat AKBP Hermansyah Suriyono SIK MH, Wakapolres Sumbawa Barat Kompol Teuku Ardiansyah SH, Kabag Ops Polres Sumbawa Barat AKP Iwan Sugiyanto SH, Kasat Intelkam Iptu Made Wikertayasa, Kasat Lantas AKP Ricky Yuhanda SIK, Danki Brimob kompi 2 Batalyon B Pelopor Iptu Sulaiman H. Husein, Ketua Bawaslu Karyadi, para perwira dan Kapolsek tes Sumbawa Barat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu