Danrem 162/WB Pimpin Rapat Koordinasi Rencana Penghijauan Kawasan Mandalika

Lombok Tengah, SIARPOST – Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. S.H. M.Han., memimpin rapat koordinasi rencana kegiatan penghijauan di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika, bertempat di kantor ITDC Mandalika desa Kuta kecamatan Pujut kabupaten Lombok Tengah, Jumat (20/11/2020).

Pada kesempatan itu, Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, S.Sos. S.H. M.Han., menyampaikan bahwa rapat koordinasi tersebut merupakan langkah awal kegiatan penghijauan di kawasan Mandalika komplek agar menjadi hijau, sejuk dan menambah daya tarik wisata.

“Rapat koordinasi ini diharapkan dapat menjadi konsep bidang pariwisata di Mandalika,” ungkapnya.

Menurutnya, selain memberikan kesan segar dan memperindah pemandangan, penghijauan juga memberikan banyak manfaat lain bagi lingkungan dan manusia seperti mencegah erosi tanah, memperbaiki kualitas udara menjadi lebih baik, memperbaiki kualitas air, mengontrol iklim, memberikan suplai oksigen bagi manusia dan lain sebagainya, termasuk memberikan manfaat yang sangat baik pada kemajuan dan perkembangan pariwisata khususnya KEK Mandalika.

“Bayangkan jika kawasan Mandalika ini hijau, bukit-bukit yang ada di sekitarnya semua hijau, tentu pemandangannya akan sangat indah sehingga membuat wisatawan rindu untuk kembali ke tempat ini,” tandasnya.

Terkait hal itu, Danrem mengharapkan peran serta seluruh pihak dan masyarakat lombok tengah khususnya masyarakat yang ada di sekitar kawasan Mandalika untuk terlibat langsung dalam kegiatan penanaman pohon, serta bersama-sama menyatukan visi dan misi mewujudkan KEK Mandalika yang hijau dan asri sehingga ramai dikunjungi wisatawan.

“Kita niatkan kegiatan ini untuk ibadah, gerakan dari kita dan masyarakat untuk kebaikan kita bersama. Mari kita berbuat yang terbaik, sehingga kelak manfaatnya akan dirasakan sampai kepada anak cucu kita,” ajak Jenderal TNI bintang satu tersebut.

Adapun rencana sasaran kegiatan penghijauan sebelumnya dipaparkan oleh Danyonif 742/SWY Mayor Inf Bayu Sigit Dwi Untoro, yaitu sepanjang pinggiran jalan di sekitar kawasan Mandalika, kawasan bukit Prabu seluas 56.000 M2, kawasan bukit pink seluas 24 Hektar dan kawasan bukit Seger seluas 21 Hektar dengan jenis tanaman pohon pole, trambesi, plamboyan, velfer dan bougenvile.

Sedangkan personel TNI yang akan terlibat dalam kegiatan tersebut direncanakan berjumlah 60 orang yaitu personel dari Kodim 30 orang dan personel dari Yonif 742/SWY berjumlah 30 orang.

“Kegiatan penanaman pohon ini akan dilaksanakan oleh TNI bersama-sama dengan masyarakat dan pihak terkait lainnya selama satu bulan,” papar Danyonif 742/SWY.

Adapun pejabat yang hadir mengikuti rapat koordinasi tersebut Dandim 1620/Loteng, Dandim 1615/Lotim diwakili Kapten Inf Bimo Sakti, Kapolres Lombok tengah, Kadis Pariwisata NTB, Kadis LHK Prov NTB, Kepala Balai BPDASHL Dodokan Moyosari, Kalak BPBD prov NTB, Kasat Pol PP Prov NTB, Kadis Pariwisata kabupaten Lombok Tengah, Kalak BPBD Kabupaten Lombok Tengah, Kasat Pol PP kabupaten Lombok Tengah diwakili oleh Bpk. Moch Taufik dan GM PT ITDC.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu