Notice: Undefined variable: html in /home/u3619531/public_html/wp-content/plugins/share-post-on-whatsapp/share-post-on-whatsapp.php on line 42

Pemuda Memiliki Alternative Solution untuk Sumbawa, Pemerintah harus Membaca Peluang ini.

Sumbawa, SIARPOST – Hingga saat ini pariwisata di Sumbawa belum maksimal dikembangkan oleh pemerintah daerah secara optimal. Sehingga sektor unggulan ini belum memberikan effect yang baik bagi daerah bahkan masyarakat.

Hal itu dikritisi oleh seorang tokoh pemuda dan ketua Organisasi Tapangpas Sumbawa Cahyadi Bintang Pamungkas SH. Ia mengatakan bahwasalah satu solusi mengangkat nama Sumbawa selain produk jagung yaitu mengembangkan sektor pariwisata.

“Spot pariwisata kelas dunia yang dimiliki Sumbawa sangat luarbiasa seperti pulau Moyo dan jajaran pulau di teluk saleh, ini dapat bersaing dengan spot wisata yang ada di Lombok dan di NTT, kenapa ini tidak dikembangkan lebih serius,” katanya.

Selain Pariwisata, tambahnya, ada ekonomi kreatif dan seni budaya yang dapat dilestarikan dan menjadi brand bagi Sumbawa untuk dijual ditambah lagi kreativitas anak muda yang tiada henti-hentinya dapat membangun Sumbawa.

“Jika ke empat faktor itu dapat dilakukan oleh anak muda bersinergi dengan pemerintah maka income nya akan melebihi hasil pemasukan daerah dari produksi jagung,” kata Bintang.

Jika kita membanggakan hasil pertanian saja, kata bintang, maka itu tidak seimbang, karena daerah Jawa saja yang lahan pertanian nya luas masih berharap pada pariwisata, seni dan Budaya. Contoh lainnya adalah Lombok yang bisa membangun daerahnya karena Pariwisata.

“Lombok tidak perlu menanam Jagung atau merusak hutannya, kenapa kita tidak jual wisata rimba kita atau aset alam pariwisata kita. Ini lebih menjanjikan, dan SDM kita pun bisa naik dengan adanya pariwisata,” katanya.

Baca juga : Prioritaskan SK Honorer Adalah Terobosan Berani Jarot-Mokhlis

Demikian juga cara menepis pengaruh barat, yaitu dengan mempertahankan dan melestarikan tradisi-tradisi Leluhur yang menjadi nilai jual dan meningkatakan kunjungan wisatawan.

Sebagian muara dari sejumlah solusi membangun Sumbawa terletak pada anak muda. Dengan Fasilitas dan wadah yang tepat, anak muda mampu mengangkat daerah melalui Event-event rakyat yang menjadi salah satu pemantik naiknya isu pariwisata yang di sajikan disumbawa.

“sekarang ini zaman digital, satu event bisa repost oleh beberapa masyarakat yang menikmati satu acara event rakyat, bagaimana hasilnya untuk publikasi ke media digital, belum lagi dari berita dan media-media lain, ini bisa menjadi salah satu contoh dan acuan untuk mengenalkan daerah kita,” katanya.

Seperti Bali atau Jogja yang kaya akan budaya tetapi mereka mampu menjaga dan memberi nilai pada daerahnya, sehingga wisatawan ribuan yang datang ke sana. Kenapa Sumbawa ini tidak bisa seperti itu? Sementara potensinya begitu besar.

“Kami berharap pemerintah melirik dan mengembangkan pariwisata ini lebih optimal lagi serta merangkul dan member wadah anak muda untuk mengembangkan dirinya sehingga effect dari kreativitas anak muda tersebut dapat membantu pemerintah daerah dalam mempromosikan dan merubah daerah ini menjadi lebih maju,” tandas Bintang.

Sementara itu, Owner Tapangpas, Rivi Ramdani saat ditemui di Sumbawa juga berharap kepada pemerintah agar memberikan kesempatan bagi anak muda untuk merubah Sumbawa pada bidang seni dan Budaya.

Ia meminta agar pemerintah lebih menghargai talenta-talenta yang dimiliki oleh anak muda, memberikan ruang untuk bergerak dan mendukung kreativitas seni dan budaya karena dengan menghargai seni dan budaya maka Sumbawa ini akan mempunyai nilai dan memberikan effect baik bagi pariwisata.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu