Program Berjalan Sukses, Baznas Sumbawa Barat Targetkan Pendapatan ZIS Rp5 Miliar di 2021

Sumbawa Barat – Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sumbawa Barat menargetkan pendapatan dari zakat infaq dan sedekah (ZIS) pada tahun 2021 sebesar Rp5 miliar. Dana itu akan digunakan untuk mensukseskan sejumlah program baznas untuk masyarakat miskin.

sejauh ini Baznas Sumbawa Barat mempunyai program yang sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, seperti Bantuan warga miskin FM332, beasiswa Tahfiz, Beasiswa Siswa SMA, program pemberdayaan ekonomi umat membantu pengusaha kecil, bantuan dana pendampingan pasien rujukan, klinik Masjid Darussalam, dan bantuan bencana alam.

Sejumlah program itu sukses dijalankan BAZNAS, bahkan mampu meningkatkan ekonomi masyarakat miskin, dan mampu membantu melepaskan kesulitan warga miskin.

Baca Juga : Enam Orang Terjaring Ops Yustisi Di KLU Tiga Orang Dikenakan Denda Dan Tiga Lagi Disangsi Sosial

“Alhamdulillah kita syukuri pada tahun 2021 ini target dari pendapatan ZIS sebesar Rp5 miliar, semoga kita dapat mencapai lebih dari target seperti tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Ketua Baznas Kabupaten Sumbawa Barat H M Ja’far Yusuf saat ditemui di ruang kerjanya, Jumat (22/1).

Ia mengungkapkan, bahwa pendapatan dari dana ZIS setiap tahunnya selalu jauh di atas target. Pada tahun 2016 Baznas mendapat dana sebesar Rp400 juta dari target sebesar Rp200 juta. Tahun 2017 target Rp1 miliar tetapi dana pendapatan mencapai Rp2 miliar. Sementara tahun 2018 pendapatan mencapai Rp4 miliar dari target Rp3 miliar.

Sedangkan pendapatan ZIS pada 2019 mencapai Rp4,5 miliar dari target awal Rp4 miliar saja. Tahun 2020 Baznas dapat mengumpulkan anggaran dari ZIS sebesar Rp6 miliar target Rp4 miliar.

Baca Juga : Dinilai Berhasil Wujudkan Daerah Terang Benderang, Lobar Bisa Jadi Best Practice Proyek PJU

“Dari anggaran yang dapat dikumpulkan oleh BAZNAS pada tahun 2020 yaitu Rp6 miliar, dana itu bersumber dari dana ZIS Rp5 miliar dan dari pemerintah daerah Rp1 miliar,” ungkapnya.

Setiap tahun target zakat terus bertambah, kata H M Ja’far, ini disebabkan oleh kesadaran para Muzakki dalam berzakat dan melihat apa yang telah dilakukan oleh BAZNAS selama ini.

Ia juga berterimakasi kepada pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat yang telah mendukung sejumlah program yang dilakukan oleh BAZNAS Sumbawa Barat.

Sebelum menutup penjelasannya, H M Ja’far mengungkapkan bahwa rehab rumah layak huni yang dilaksanakan oleh BAZNAS Sumbawa Barat dari anggaran BAZNAS Provinsi NTB telah selesai atau rampung.

“30 unit rumah layak huni yang kita rehab di Telaga Bertong dan Banjar sudah rampung, laporannya sudah rampung dan pembayarannya juga, tim sudah turun mengecek semua rumah yang direhab tersebut,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu