PKK Lombok Utara Peringati HKG Dengan Tema “Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju”

 

Lombok Utara, SIARPOST | Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Lombok Utara menggelar Puncak Peringatan Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-52 bertempat di Aula Bupati Selasa (9/7/2024).

Dimana tema yang diangkat pada HKG ke-52 “Bergerak Bersama PKK Mewujudkan Keluarga Sejahtera Menuju Indonesia Maju” dihadiri oleh Bupati Lombok Utara yang diwakili oleh Asisten III Setda KLU H. Husnul Ahadi, SKM,Ketua TP PKK KLU Hj. Galuh Nurdiyah Djohan Sjamsu.

Dalam sambutan Ketua umum TP PKK yang dibacakan oleh Ketua TP PKK KLU Hj. Galuh Nurdiyah menyampaikan bahwa tim penggerak PKK dapat menjadi motor utama dalam menggerakkan kader dan menjalin koordinasi serta sinergitas dengan stakeholder baik dengan pemerintah daerah maupun lembaga non pemerintah sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

BACA JUGA : Mangkir Dari Panggilan, Saksi Kasus Korupsi Dana PNPM Kecamatan Kediri Dibawa Paksa Tim Kejati NTB

“Pada hakekatnya gerakan PKK merupakan gerakan masyarakat yang tumbuh dari bawah, dengan prinsisp kerja partisipatif, melalui gerakan PKK,”tuturnya.

Lebih Lanjut kata Hj. Galuh peran aktif segenap masyarakat dalam pembangunan ikut digalang dan ditingkatkan, sehingga diharapkan dapat lebih merata dan berkualitas dalam memikul beban dan tanggung jawab pembangunan, maupun dalam menikmati hasil pembangunan itu sendiri.

“Para kader memiliki peran strategis dalam mendukung program kerja pemerintah termasuk dalam bidang penghayatan dan pengamalan Pancasila, gotong royong, pangan, sandang, perumahan, pendidikan, kesehatan, kehidupan berkoperasi, kelestarian lingkungan hidup dan perencanaan sehat,”bebernya.

Dengan sinergitas antara PKK dan pemerintah diharapkan program-program PKK yang direncanakan serta dijalankan dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat dan mendukung pembangunan secara keseluruhan.

BACA JUGA : Patroli Dialogis Jam Malam, Upaya Cegah Gangguan Kamtibmas Dengan Metode Multi Sasaran

“Harapan kami seluruh kader PKK dapat menjawab tantangan dan mewujudkan capaian substansi tugas dan fungsi TP PKK untuk mencapai visi gerakan PKK tahun 2021-2024 yaitu Terwujudnya Keluarga Sehat, Cerdas, Berdaya, Beriman, dan Bertaqwa menuju Indonesia Maju 2024,”harapmya.

Sementara itu Asisten Bidang Administrasi Umum Setda KLU H. Husnul Ahadi menyampaikan memulai momentum HKG PKK ke-52 dapat dijadikan penyatuan komitmen Kader PKK maupun organisasi perempuan lainnya di KLU untuk membangun daerah yang maju dan sejahtera.

“Melalui pemberdayaan PKK harus mampu bergerak dan membangun dengan tujuan untuk melakukan suatu perubahan,”tandasnya.

Lebih Lanjut kata Husnul Ahadi dengan komitmen serta tekad bersama-sama untuk terus berbenah menuju satu tujuan yang telah di niatkan menjadikan Indonesia menjadi negara yang kuat dan di hormati.

Kesejahteraan memiliki makna terpenuhinya kebutuhan masyarakat untuk dapat hidup layak dalam kehidupan sehari-hari, Sedangkan keluarga sebagai suatu keterikatan yang memiliki peran masing-masing untuk mencapai tujuan dalam kehidupan.

“10 program PKK tidak dapat dilaksanakan tanpa ada niat dan kemauan dari masing-masing kader PKK itu sendiri,”katanya.

Pemerintah daerah mengapresiasi semua kegiatan positif yang telah dilakukan oleh PKK KLU, yang telah menggerakkan seluruh unsur keluarga, serta memberikan dampak yang besar bagi kemajuan daerah.

“Berkat kolaborasi kita dapat memberikan manfaat yang signifikan dalam pembangunan KLU,”tutupnya.

BACA JUGA : Dilantik Jadi Ketua DPC HIMMAH NWDI Lobar Periode 2024-2025, Irwanto Tegaskan 2 Instrumen Pergerakan dan Kolaborasi

Dalam memeriahkan HKG ke-52 tingkat kabupaten, PKK KLU mengelar lomba yakni Lomba Penyuluhan dan Lomba Senam Kreasi khas NTB dengan melibatkan para kader di masing-masing kecamatan dan desa pada tanggal pertengahan bulan Juni lalu.

Dimana pemenang lomba ini yakni untuk lomba Penyuluhan Juara I Karmilawati perwakilan Kader PKK Kecamatan Kayangan, Juara II Fitriana Kader PKK Pemenang, Yulisda Aenun Kader PKK Kecamatan Tanjung.

Sedangkan untuk Lomba Senam kreasi khas NTB Juara I Grup Santong PKK Kecamatan Kayangan, Juara II Grup Gangga PKK Kecamatan Gangga, Grup Bentek PKK Kecamatan Gangga.

Pada puncak peringatan HKG dihadiri oleh Para anggota Perwakilan Forkopimda KLU, Wakil Ketua TP-PKK Yunita Aprilina Dannya Karter Febrianto, Ketua DWP KLU Baiq Hurniwati Anding Duwi Cahyadi, Ketua Iswara KLU Suci Hartini, S.Pd, para Kepala OPD lingkup Pemda KLU, serta undangan lainnya.(nissa)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *