Deklarasi Tuntas Pilar 4 dan 5, Lurah Bugis Bersyukur Program STBM Rubah Perilaku Warga

Sumbawa Barat, SIARPOST – Deklarasi tuntas Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) kembali dilakukan oleh Kelurahan Bugis Kecamatan Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat, Kamis (3/6).

Deklarasi tersebut dihadiri sejumlah koordinator dari Aparatur Sipil Negara (ASN), Camat Taliwang, Lurah Bugis dan staf, anggota Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR), TNI dan Polri serta warga setempat.

Dalam kesempatan tersebut, Lurah Bugis, Zulkifly sangat mengapresiasi sinergitas dan kekompakan ASN, PTT, warga, Anggota PDPGR, kepala lingkungan, ketua RT, TNI dan Polri yang ikut serta mensukseskan pencapaian tuntas STBM pilar 4 yaitu pengelolaan sampah dan pilar 5 pengelolaan limbah cair rumah tangga.

“Alhamdulillah berkat program 100 hari Bupati Sumbawa Barat ini yaitu tuntas STBM, prilaku warga menjadi lebih baik dan bersih,” katanya.

Ia pribadi mengucapkan terimakasih dan bangga atas program yang dicanangkan oleh Bupati tersebut, sehingga warganya saat ini terbiasa hidup dalam prilaku bersih.

“Setelah adanya percepatan penuntasan STBM pilar 4 dan 5 ini, warga yang dulunya sepelekan masalah kebersihan, kini mereka sudah sadar,” ujar Zulkifly.

Program ini juga, tambah Zulkifly, mempererat hubungan baik dan silaturahmi warga dengan ASN, PTT dan semua unsur.

Ia juga mengapresiasi semangat yang diberikan oleh semua pihak yang terlibat sehingga 1.149 rumah di 5 lingkungan di Kelurahan Bugis dapat mencapai tuntas STBM pilar ke 4 dan 5.

“Pilar ke 4 telah dicapai 95 persen, sementara pilar 5 mencapai 98,5 persen, jika dirata-rata mencapai 98 Persen dan sisanya 2 persen akan terus dikejar untuk dituntaskan,” tegas Zulkifly.

Ia berjanji akan menuntaskan pilar 4 dan 5 yang tersisa 2 persen tersebut sebelum deklarasi tuntas STBM tingkat kecamatan pada tanggal 10 Juni 2021 mendatang.

Ia juga berterimakasih kepada semua pihak, khusunya ASN dan PTT yang telah memberikan sumbangsih tenaga dan dana untuk membantu warga dalam menuntaskan STBM.

Ia berharap ke depan, pencapaian yang diraih ini dapat dipertahankan dan ditingkatkan sehingga kebersihan dan rasa nyaman di Kelurahan Bugis terus tercipta.

Sementara itu, Camat Taliwang, Aku Nur Rahmadin saat menghadiri acara tersebut berpesan kepada masyarakat agar menjaga apa yang telah dicapai dan menghargai usaha yang telah dilakukan oleh ASN dan PTT selama ini.

“Jangan puas dengan apa yang kita capai saat ini, karena ini bukan akhir melainkan awal dari perjuangan kita untuk menjadikan Sumbawa Barat ini daerah yang lebih baik dan maju,” ujar Camat.

Foto – foto kegiatan STBM Kelurahan Bugis.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu