Dukung Percepatan Tuntas STBM dan Rubah Prilaku Masyarakat, Aliansi Pemuda Selayar Lakukan Berbagai Kegiatan

Sumbawa Barat, SIARPOST – Berbagai kegiatan dilaksanakan oleh Aliansi Pemuda Selayar Kelurahan Dalam Kecamatan Taliwang untuk mendukung program besar 100 hari jabatan Bupati Sumbawa Barat yaitu tuntaskan pilar ke 4 pengelolaan sampah dan pilar 5 pengelolaan limbah cair rumah tangga program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Untuk mendukung program tersebut, Aliansi Pemuda Selayar bersama warga Lingkungan Selayar melaksanakan gotong royong membersihkan lingkungan serta mengedukasi masyarakat agar tetap mempertahankan hidup bersih dan sehat.

“Kegiatan ini untuk mendukung tuntas pilar 4 dan pilar 5 STBM, sehingga warga semakin semangat dan greget mempertahankan prilaku hidup bersih yang telah berjalan di Lingkungan Selayar ini,” ujar Sekertaris Aliansi Pemuda Selayar, Fandy Ariansyah saat ditemui di lokasi kegiatan, Minggu (13/6).

Selain Gotong Royong, warga juga diajak melaksanakan senam sehat. Warga setempat semakin semangat saat para pengurus Aliansi Pemuda Selayar menyediakan beberapa doorprize.

“Kami hadir untuk memberikan edukasi, mengajak masyarakat untuk mendukung program pemerintah ini,” katanya.

Ketika program ini sukses, tambah Fandy, maka manfaatnya akan terasa bagi masyarakat itu sendiri. Lingkungan bersih, nyaman, dan tidak ada sampah berserakan serta untuk kesehatan bersama.

Menurut Fandy, tuntas 5 pilar STBM adalah salah satu cara untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19 yang saat ini masih terjadi di Indonesia khusunya di Sumbawa Barat.

Ke depan Aliansi pemuda Selayar akan terus mendukung setiap program-program yang dilakukan oleh pemerintah. Bukan saja dalam bidang kesehatan dan lingkungan tetapi di semua bidang kehidupan.

“Semoga rencana-rencana ke depan dapat berjalan dengan baik, sehingga hadirnya kami dapat bermanfaat bagi orang banyak untuk ikut serta membangun daerah ini, masyarakat juga sangat antusias,” tuturnya.

Masyarakat di Lingkungan Selayar Kelurahan Dalam Kecamatan Taliwang kini telah tuntas pilar ke 4 dan ke 5.

Bahkan Kampung Selayar sebelumnya pada 2020 pernah menjadi salah satu lokasi yang dikunjungi oleh pejabat kementerian BPN/Bappenas, Kementerian PUPR, Kementerian Kesehatan dan pejabat dari United Nations Children’s Fund (UNICEF).

Kunjungan itu dilakukan saat Sumbawa Barat menjadi tuan rumah Advokasi Horizontal Leraning (AHL) dan pencapaian buang air besar nol (BASNO) di Nusa Tenggara Barat serta pencapaian implementasi pengelolaan sanitasi aman di KSB yang dilaksanakan pada 3 – 4 Maret 2020 di Desa Kertasari.

foto-foto kegiatan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu