Federasi Mobil Internasional Tinjau Sirkuit Mandalika untuk Balap Roda Empat

Mataram, SIARPOST – Sirkuit Mandalika masuk dalam kalender balap mobil GT World Challenge Asia.

Sebagai tindak lanjut dari penetapan kalender balap tersebut, hari ini Kamis, 24 Maret 2022, Federasi Automobil Internasional (FIA) akan meninjau langsung kelayakan Sirkuit Mandalika.

FIA telah menugaskan inspektor untuk datang langsung di sirkuit Mandalika.

Direktur Utama Mandalika Grand Prix Association (MGPA) Priandhi Satria, dikonfirmasi akan menemani langsung perwakilan dari FIA.

“Kunjungan ini bersifat un-official visit. Artinya kunjungan ini tidak spesifik untuk GT World Challenge Asia. Yang pasti ini untuk roda empat,” ujar Priandhi pada TribunLombok.com, Kamis, 24 Maret 2022.

Baca juga : Usai MotoGP, Mandalika akan Kembali Gelar Balap Mobil Kelas Dunia

MGPA akan memberikan keterangan terkait beberapa aspek dari Sirkuit Mandalika.

Semua aspek akan dinilai untuk mengeluarkan hasil homologasi terkait kelayakan sirkuit untuk mobil balapan tersebut.

Terkait penilaian, promotor sirkuit dalam hal ini MGPA harus memberikan berbagai informasi detail sirkuit kepada inspektor FIA.

“FIA nantinya lakukan penilaian mulai dari panjang dan lebar lintasan, jumlah tikungan yang ada di sirkuit, area run off yang lebar atau sempit, desain sirkuit, paddock dan lain sebagainya,” tambah Priandhi.

Berbagai fasilitas pendukung mulai dari medical center, tribun dan lain sebagainya juga akan dilakukan penilaian oleh FIA.

Baca juga : Warga Lombok Tengah Nonton MotoGP di Premiere Class, Costumnya Pakai Bendang

Priandhi yang juga eks pembalap ini menambahkan, setelah adanya un-official visit ini akan dikirim surat perkenalan ke FIA. Tujuannya adalah untuk memohon homologasi grade A kepada pihak FIA.

Adanya kunjungan hari ini dinilai sangat penting sebagai tindak lanjut kepada FIA untuk menyatakan kelayakan kedepannya terkait hasil homologasi.

Selain laporan hasil homologasi, FIA juga akan memberikan rekomendasi yang harus dilakukan oleh MGPA agar penyelenggaraan balap mobil tersebut bisa terlaksana.

Priandhi Satria, Direktur Utama MGPA saat berada di area Paddock sirkuit Mandalika.
Priandhi Satria, Direktur Utama MGPA saat berada di area Paddock sirkuit Mandalika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu