Pasi Ops Kodim 1628/SB Sampaikan Wawasan Kebangsaan Kepada Siswa Siswi MTSN I Taliwang

 

Sumbawa Barat, SIARPOST – Sekolah MTSN I Taliwang Sumbawa Barat menggelar kegiatan Matsama kepada siswa siswi MTSN I Taliwang, Senin (4/1/2022).

Kegiatan yang bertema “Pembinaan Wawasan Kebangsaan Membentuk Masyarakat Yang Berkarakter Dan Berwawasan Kebangsaan” itu diikuti oleh siswa siswi MTSN serta Kepala sekolah dan dewan Guru bertindak sebagai salah satu narasumber Dandim 1628/SB Lektol Inf Octavian Englana Paradimaja Yang diwakili Pasi Ops Kodim 1628/SB Kapten Inf Fahmi.

Pasi Ops menyampaikan bahwa sebagai generasi muda penerus estafet kepimipinan bangsa harus memiliki mental dan kepribadian yang baik berintegritas berkarakter dan berwawasan kebangsaan guna menyongsong masa depan dengan segala permasalahan yang semankin kompleks, ungkapnya.

Selanjutnya Pasi Ops menjelaskan secara garis besar tentang peran dan kedudukan Pancasila sebagai Dasar Negara dimana Pancasila menjadi dasar dan sumber hukum dalam penyelenggaraan negara, Pancasila sebagai jiwa dan kepribadian bangsa Indonesia.

“Bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar, terdiri dari berbagai suku, agama, adat istiadat dan budaya yang menjadi ciri khas yang membedakan dengan bangsa-bangsa lainnya,” terangnya.

Pancasila sebagai pandangan hidup, sambung Pasi Ops , merupakan pedoman dan pegangan dalam pembangunan bangsa dan negara agar dapat berdiri kokoh, tidak terombang ambing oleh keadaan apapun termasuk dalam era globalisasi dewasa ini serta untuk mengetahui arah tujuan dalam mengenal dan memecahkan masalah yang dihadapi oleh bangsa, selanjutnya Pancasila sebagai ideologi bangsa menjadi landasan berpikir, bersikap dan bertindak dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Sedangkan Pancasila sebagai tujuan hidup, memberikan pemahaman kepada manusia dalam bertingkah laku dan bertindak melalui etika moral dan etika sosial,” sambungnya.

Selain itu, Pasi Ops juga menerangkan tentang nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari falsafah Pancasila meliputi nilai religius, kekeluargaan, keselarasan, kerakyatan dan keadilan.

Sedang Dandim 1628/SB di tempat berbeda memberikan apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Kepala sekolah, Dewan guru serta siswa siswi MTSN I Taliwang yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut.

“Saya bangga dengan siswa siswi MTSN I Taliwang yang cukup antusias dalam mengikuti kegiatan positif ditengah pesatnya perkembangan jaman dan arus tranformasi informasi, ambil hal positif dari kegiatan ini sebagai bekal agar sebagai generasi penerus tetap memiliki karakter berwawasan kebangaaan, ini sesuatu yang patut kita dikembangkan ,” harapnya.

Sejalan dengan Tema yang diangkat angkat yaitu membangun masyarakat berkarakter dan berwawasan kebangsaan dalam kehidupan bernegara

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.