Harhubnas Tahun 2022, Ini Pencapaian dan Agenda Besar Dishub Sumbawa Barat

 

Dishub KSB Ukir Sejarah, enam orang lulus Sekolah Tinggi Transportasi Darat di Bekasi

Sumbawa Barat, SIARPOST | Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menggelar peringatan Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2022, Selasa (20/9).

Peringatan Harhubnas tersebut dirangkaikan dengan apel syukur ke IX HUT KSB tahun 2022 yang dilaksanakan di lapangan upacara kantor Bupati dan dihadiri oleh Bupati KSB, Sekertaris Daerah, dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah.

Kepala Dinas Perhubungan KSB, H Abdul Hamid saat diwawancarai di ruang kerjanya, mengatakan, ada beberapa agenda yang dilaksanakan Dishub KSB pada Harhubnas tahun 2022 ini, di antaranya adalah tanda tangan MoU antara Bupati KSB dengan beberapa agen kapal terkait kesepahaman untuk wajib menyandar di pelabuhan Labu Lalar.

“Kapal-kapal yang mengangkut bahan kebutuhan tambang wajib labu jangkar di pelabuhan Lalar untuk ditarik retribusinya sebelum menyandar ke pelabuhan Benete,” katanya.

Kapal-kapal tersebut akan berlabuh di titik-titik koordinat yang telah ditentukan untuk menunggu antrian sebelum ke pelabuhan Benete.

Termasuk juga, tambah H Abdul Hamid, MoU dengan Kapal Cepat yang beroperasi di pelabuhan F3 Poto Tano untuk ditarik retribusinya sesuai Perda Nomor 10 Tahun 2018.

Baca juga : Persiapan Kedatangan Tamu, Bhabinkamtibmas Kertasari Lakukan Gotong Royong Bersama Stekholder

Terkait kapal penumpang yang pernah diuji coba dari Pelabuhan Lalar ke Lombok Timur, saat ini masih terus dipersiapkan karena sistem nya masih dirapikan.

Dinas perhubungan juga memberikan 200 buah baju ojek kepada Persatuan Ojek Taliwang (Portal).

Selain itu, Dinas Perhubungan mempunyai kegiatan Car Free Day yang dilaksanakan setiap bulan tepatnya pada minggu terakhir.

Khusus pada tanggal 25 September 2022 ini, Dishub akan mengundang Forkopimda untuk hadir dan menikmati asyiknya Car Free Day sambil mencoba berbagai kuliner dan senam sehat.

“Car Free Day ini sangat bermanfaat, baik bagi para pelaku UMKM untuk menjual dan memperkenalkan produknya sehingga ekonomi meningkat, serta bagi dinas-dinas yang ingin mensosialisasikan programnya. Ada doorprize juga, bisa sambil olahraga bersama keluarga,” katanya.

*Enam Orang Putra Putri Terbaik KSB Lulus di Sekolah Transportasi Darat*

Kemudian ada hal luarbiasa dan sejarah yang berhasil diukir, yaitu enam orang putra dan putri Sumbawa Barat lulus di sekolah kedinasan yaitu Politeknik Transportasi Darat Indonesia, Sekolah Tinggi Transportasi Darat (PTDI-STTD) Bekasi.

Ke enam putra putri terbaik tersebut adalah, Adin Ismail Hamid, Witri Salianti, Rina Rizki Dekantari, Lulu Dwi Rabbani, Desty Amaylia L, dan Indra Maulana.

Dari 26 orang yang mendaftar, lulus administrasi hanya 17 orang dan mengikuti tes tulis, tes kesamaptaan, tes wawancara dan Psiko serta terakhir tes pantohir.

“Ini sejarah bagi kita, enam orang tersebut sudah kita antar ke Bekasi bersama para orang tua pada Minggu lalu. Sekolah ini kalau lulus nanti akan menjadi PNS dan ditempatkan di daerah asal,” ujarnya.

Saat ini, tambahnya, enam orang tersebut sedang menjalankan pembinaan mental dan pembentukan karakter dengan seluruh siswa se-Indonesia.

Baca juga : Tiga Siswa MAN 2 Mataram Wakili NTB di Kompetisi Sains Madrasah Tingkat Nasional

“Alhamdulillah kita berhasil mengisi sesuai dengan kuota. Ada 20 daerah yang tidak mampu mengisi sesuai dengan kuotanya karena nilai atau pasing great nya rendah,” katanya.

“Alhamdulillah keberhasilan ini berkat semangat kita, juga dengan bimbingan belajar dari Denpasar yang dilakukan secara online. Anak-anak diajar dan dibimbing untuk menyelesaikan setidaknya 5.000 soal sebelum mengikuti tes yang sebenarnya,” tambahnya.

Untuk biaya, sekolah kedinasan ini gratis biaya akademik, orang tua hanya mengeluarkan biaya penunjang saja. Namun Pemda Sumbawa Barat berkomitmen biaya penunjang tersebut akan ditanggung seluruhnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.