Sambut HUT TNI Ke 77 Kodim 1628/SB Gelar Donor Darah

 

Sumbawa Barat, SIARPOST – Menyambut HUT Ke 77 TNI, Kodim 1628/Sumbawa Barat menggandeng PMI Sumbawa Barat kembali menggelar donor darah di aula lantai dua Makodim 1628/SB jalan Lintas Labuhan Balad No 3 Taliwang Sumbawa Barat.

Saat ini masih banyak saudara saudara kita di beberapa rumah sakit yang membutuhkan perawatan diantaranya juga ada yang memerlukan transfusi darah untuk keselamatannya sehingga kegiatan donor darah sangat penting dilaksanakan untuk menjaga keseimbangan antara jumlah kebutuhan darah dengan jumlah pendonor atau stok darah jika dibutuhkan.

Baca juga : Gegara Saling Tegur dan Cekcok di Acara Hiburan Malam, Pemuda di Dompu Dibacok Berkali-kali 

Hal tersebut diungkapkan Dandim 1628/SB Letkol Inf Octavian Englana Partadimaja melalui Kasdim 1628/SB di sela sela waktu kegiatan bakti sosial donor darah dalam rangka HUT Ke 77 TNI, di Makodim 1628/Sumbawa Barat Kamis (22/09/2022)

Dijelaskan Kasdim, bahwa tersedia darah bagi yang membutuhkan dapat dipenuhi dengan kehadiran para pahlawan kemanusiaan yakni para pendonor yang suka rela dan ikhlas menyumbangkan darahnya bagi kepentingan kemanusiaan sesuai dengan slogan “Setetes darah sangat berarti bagi nyawa sesama”.

Kasdim juga mengungkapkan bahwa para pendonor juga akan mendapatkan manfaat kesehatan antara lain melancarkan aliran darah dan Produksi sel darah merah jadi meningkat, mendapat pemeriksaan kesehatan gratis karena sebelum mendonorkan darah.

Pendornor pasti akan diperiksa berat badan, kadar hemoglobin, suhu tubuh, tekanan darah, dan nadi. billa sudah melalui proses donor darah, darah akan dikirim ke laboratorium tentunya hasilnya akan diinformasikan.

Membuat aliran darah menjadi lebih lancar dan membuat produksi sel darah merah jadi lebih meningkat.

Baca juga : Sinyal Anies dan AHY Maju di Pilpres 2024, Demokrat : Doakan Saja

Mendonorkan darah bisa membuat sumsum tulang belakang menghasilkan sel darah merah baru untuk menggantikan darah yang hilang. Kemudian, tubuh juga akan lebih cepat menghasilkan darah baru.

Selain itu juga bermanfaat untuk menjaga kadar zat besi dalam darah agar Lebih stabil, menurunkan kolesterol, meningkatkan, Kesehatan jantung, Mengurangi berat badan,
baik untuk kesehatan psikologis,
Bila ada luka jadi cepat sembuh, ujar Kasdim.

Semoga melalui kegiatan donor darah ini dapat menambah dan memenuhi stok darah Palang Merah Indonesia (PMI) untuk dapat membantu saudara-saudara kita yang sedang membutuhkannya khususnya di Sumbawa Barat, harapnya.

Kasdim juga menyampaikan apresiasi serta ucapan terima kasih kepada pendonor serta para petugas medis dari PMI yang telah hadir untuk berpartisipasi pada kegiatan donor darah dalam rangka menyambut HUT TNI Ke 77.

Yang tidak kalah penting melalui kegiatan donor darah ini dapat menjadi salah satu sarana dalam meningkatkan tali silaturrahmi, sinergitas antara TNI, Polri dan Pemerintah Daerah sehingga tetap solid dan selalu kompak dalam pengabdian kepada masyarakat maupun mewujudkan tanah pariri lema bariri yang aman dan kondusif sesuai dengan tema HUT Ke 77 TNI ” TNI Adalah Kita”. pungkas Kasdim.

Adapun peserta pendonor darah antara lain personel TNI jajaran Kodim 1628/SB, Personil Polri dari Polres Sumbawa Barat, Anggota Kompi Brimob, personel Satpol PP dan Persit KCK XLIV Cabang Kodim 1628.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.