Penguatan Pelayanan Kebidanan, Pemda Sumbawa Siap Fasilitasi Pengembangan Kapasitas Bidan

 

Sumbawa, SIARPOST.com | Bupati Sumbawa, Drs. H. Mahmud Abdullah, mengatakan bahwa Pemda Sumbawa siap mendukung dan memfasilitasi pengembangan kapasitas para bidan, baik melalui pelatihan, pendidikan, maupun pengadaan sarana dan prasarana yang diperlukan. Hal ini untuk mendukung pelayanan para Bidan di Sumbawa yang telah memberikan dedikasi dan komitmen dalam memberikan pelayanan kebidanan yang berkualitas.

Hal itu diungkapkan Bupati pagi ini saat menghadiri acara Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia ke-72, tahun 2023 di Aula H. Madilaoe ADT Lantai III Kantor Bupati Sumbawa, Kamis (15/6).

Baca juga : Kabupaten Sumbawa Raih Penghargaan Terbaik 1 Pembangunan Daerah Provinsi NTB Tahun 2023

Acara yang bertemakan “Satukan Langkah Dalam Transformasi Kesehatan Untuk Penguatan Pelayanan Kebidanan Berkesinambungan Berbasis Bukti” ini juga turut hadir Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumbawa, para Ketua Organisasi Wanita Sumbawa, serta para Bidan se-kabupaten Sumbawa.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa menyampaikan apresiasi kepada seluruh bidan yang ada di Kabupaten Sumbawa atas dedikasi dan komitmen yang telah ditunjukkan oleh para bidan dalam memberikan pelayanan kebidanan yang berkualitas.

Tugas yang diemban oleh para bidan, menurut Bupati sangatlah mulia, karena merekalah yang menjadi garda terdepan dalam menjaga keselamatan dan kesejahteraan ibu dan anak di Sumbawa.

Bidan juga, kata Bupati telah berkontribusi dalam menurunkan angka kematian ibu dan anak di Kabupaten Sumbawa.

Baca juga : Pembangunan Pelabuhan Pangan Teluk Santong, Bupati Sumbawa Pastikan Terealisasi Dengan Baik

Lalu, Bupati juga menuturkan bahwa pemerintah daerah siap mendukung dan memfasilitasi pengembangan kapasitas para bidan, baik melalui pelatihan, pendidikan, maupun pengadaan sarana dan prasarana yang diperlukan.

“Tahun 2023 ini, kita sudah menerapkan program UHC (Universal Health Coverage), tujuannya untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan” tegasnya

Menurut Bupati juga, melalui program inilah nantinya pemkab berharap agar tidak ada lagi masyarakat yang tidak bisa mengakses sarana kesehatan karena alasan ekonomim, dan pelayanan yang bisa diperoleh masyarakat salah satunya adalah pelayanan kebidanan, dimana persentase pelayanan yang dilakukan oleh bidan untuk pemeriksaan kehamilan sebesar 82%, persalinan 63% dan keluarga berencana 76%.

Kemudian, diakhir Bupati menghimbau kepada seluruh stakeholder dan para masyarakat agar dapat bekerjasama dengan pemerintah, Ikatan Bidan Indonesia, tenaga kesehatan, serta masyarakat untuk mencapai tujuan bersama dalam meningkatkan kualitas pelayanan kebidanan di Kabupaten Sumbawa. (**)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu