Dewan Pers Apresiasi Pergerakan MIO Indonesia, Target 600 Media Online di Tahun 2021

Mataram, SIARPOST – Dewan Pers (DP) melalui Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers, Ahmad Djauhar mengapresiasi pergerakan yang dilakukan Media Independen Online (MIO) Indonesia yang terus bergerak untuk menjadi konstituen DP.

“Saya mengapresiasi kegigihan para pengurus MIO Indonesia yang terus bergerak untuk menjadi konstituen. Jangan takut, jangan patah semangat,” kata Ahmad Djauhar pada saat menerima audiensi melalui video conferensi dari pengurus DPP Media Independen Online (MIO) Indonesia, juga dihadiri oleh sejumlah pengurus provinsi dan Dewan Pengawas MIO Indonesia, Senin (16/8).

Ia mengatakan, bahwa untuk menjadi konstituen Dewan Pers ini jika dilakukan dengan semangat pasti akan terasa ringan. Peraturan yang ada di Dewan Pers bukan menjadi sebuah penghalang atau kesulitan, tetapi untuk menjadikan perusahaan pers profesional.

Baca juga : Lakukan Penanganan Maksimal Forkopimda KSB Jemput Pasien Covid-19 Untuk Diisolasi Terpusat

Ahmad Djauhar menambahkan, regulasi yang dibentuk Dewan Pers adalah dari usulan konstituen yang ditampung oleh DP.

Regulasi itu tidak lain adalah untuk membedakan mana perusahaan pers yang serius menjalankan tugas dan fungsi sebagai pers yang sesuai dengan UU Pers dan Kode Etik Jurnalis.

“Untuk menjadi konstituen Dewan Pers, jika media member of MIO semuanya kompak dan semangat, pastilah persyaratan-persyaratan ini dapat dipenuhi,” katanya.

Dijelaskan Djauhar, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi sebuah perusahaan media untuk dapat terferifikasi Dewan Pers sebagai persyaratan MIO Indonesia menjadi konstituen.

Baca juga : Balai KPH Sejorong Mataiyang Telah Melaksanakan Fungsinya Dengan Baik Dalam Penataan Batas Hutan

Beberapa persyaratan untuk menjadi konstituen DP adalah Pemimpin Media yang telah mengantongi sertifikat UKW level Utama, menggaji wartawan, memberikan wartawan jaminan kesehatan atau BPJS dan jaminan ketenagakerjaan, memiliki konten dan produk jurnalis yang baik sesuai kode etik, serta memiliki kepengurusan aktif.

Ahmad Djauhar berharap, MIO Indonesia segera memenuhi persyaratan dan segera menjadi konstituen DP.

Sementara itu, Sekertaris Jenderal DPP MIO Indonesia Frans Watu, mengatakan, pada tahun 2021 ini MIO akan menargetkan 600 media online yang akan menjadi Member Of MIO Indonesia.

Frans mengatakan, saat ini MIO Indonesia terus bergerak untuk menjadi konstituen Dewan Pers. Oleh karenanya, Frans mengimbau semua media member of MIO agar tetap semangat menjalani tugas dan segera memenuhi persyaratan yang diberikan oleh DP.

“Ke depan, persyaratan untuk segera merapat ke DP akan dibahan kembali secara massif sehingga tujuan tersebut terarah dan dapat tercapai dengan segera,” kata Frans.

Saat ini MIO Indonesia telah membentuk 16 DPW, di antaranya 8 DPW sudah diberikan SK dan 8 lainnya diberi mandat. 55 DPD di antaranya 22 diberi SK dan dan 35 diberi mandat.

Frans juga menjelaskan, saat ini media Member Of MIO sebanyak 320 perusahaan media, dan target pada tahun 2021 ini member of MIO berjumlah 600 perusahaan media.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *