Bupati KSB : Tuntas STBM 5 Pilar Bukti Dukung NTB Sehat dan Cerdas

NTB Targetkan Buang Air Besar Nol Pada 2023 mendatang

Sumbawa Barat – Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) menjadi satu-satunya kabupaten di Indonesia yang mampu menuntaskan lima pilar dalam program Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Keberhasilan itu tidak lepas dari Sinergi dan dukungan Pemerintah Provinsi NTB melalui misi NTB Sehat dan Cerdas.

Bupati Kabupaten Sumbawa Barat (KSB)
Dr Ir H Musyafirin, MM didampingi Ketua DPRD dan Forkopimda KSB, saat menerima kunjugan dan silaturahmi Forum Wartawan Pemerintah Provinsi NTB dalam acara Press Trip di Kabupaten Sumbawa, Kamis (2/9) di aula Serda, ia mengatakan bahwa keberhasilan tuntas lima pilar STBM itu adalah bukti dukungan kepada NTB sehat dan cerdas.

Baca juga : Audisi Putra Pariwisata Indonesia 2021 Dimulai, Lombok Tengah Lokasi Pertama

“Keberhasilan KSB menuntaskan STBM 5 Pilar ini menjadi bukti dukungan misi NTB Sehat dan Cerdas,” kata Bupati KSB.

Program Pemprov NTB dalam menghapus prilaku buang air sembarang, melalui program bebas buang air besar nol (Basno). Sebab, NTB menargetkan bebas buang air besar sembarangan akan tuntas pada tahun 2023.

Saat ini NTB hanya KSB yang mencapai dan mampu mempertahankan ODF serta mulai menerapkan sanitasi yang dikelola dengan aman, dan merupakan satu – satunya Kabupaten di Indonesia yang berhasil menuntaskan 5 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

“Akselerasi program unggulan seperti revitalisasi posyandu, zero waste dan perbaikan kerusakan lingkungan, dinilainya sebagai kunci dari suksesnya program Basno di NTB,”jelasnya.

Prosesnya panjang untuk mewujudkan program tersebut, dimulai sejak tahun 2016. Dalam perencanaannya, KSB membangun instrumen yaitu Program Daerah Pemberdayaan Gotong Royong (PDPGR) yang beranggotakan masyarakat setempat.

Dalam perjalanannya anggota PDPGR menjadi pihak yang paling berkontribusi bersama TNI Polri dalam menuntaskan lima pilar STBM tersebut.

Lima (5) Pilar STBM, yaitu pilar ke 1, stop buang air besar sembarangan, pilar ke 2, cuci tangan dengan air menggunakan sabun, pilar ke 3, pengolahan air minum aman, pilar ke 4, pengelolaan sampah rumah tangga, dan pilar 5, pengelolaan limbah cair rumah tangga.

“Usaha dan kerja keras tersebut membuahkan hasil dengan pencapaian dan hasil yang memuaskan,” jelasnya.

Baca juga : Pemprov NTB Bentuk Pusat Pembelajaran Keluarga di Seluruh Kab/Kota

Selain itu, pelibatan secara aktif ASN di tengah masyarakat dan dibentuknya para agen PDPGR dan pelibatan masyarakat oleh ketua RT dan Kepala lingkungan juga mendukung keberhasilan ini.

“Bahkan agen-agen inilah yang menjadi kader posyandu keluarga,” ucapnya.

Mewakili Pemrov NTB Kadis Kominfotik NTB Dr Najamuddin, SSos MM, mendukung dan mengapresiasi capian prestasi KSB ini.

“Sehingga daerah lain di NTB dapat mengikuti upaya dan langkah KSB mewujudkan daerah Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (KSB) 5 Pila ini, untuk mendukung misi NTB Sehat dan Cerdas,”kata Doktor Najam.

Selain itu, STBM ini dapat menjadikan masyarakat KSB dan NTB untuk terus menjaga kualitas hidupnya.

“Keberhasilan program dan contoh baik ini dapat dipublikasikan dan disiarkan rekan-rekan pers kepada publik,” tutup mantan Karo Humasprotokoler Setda Provinsi NTB.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *