Peringatan Hari Rimbawan 2022, PLTU Jeranjang Gelar Aksi Bersih Pantai Pandanan Lombok Utara

/Dukung Program Zero Waste PLTU Jeranjang Bersinergi Pantai, 110 kg Sampah Terkumpul

Mataram, SIARPOST – Dalam rangka ikut memperingati hari Bakti Rimbawan Tahun 2022, PT Indonesia Power Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jeranjang menggelar aksi bersih pantai Pandanan Kabupaten Lombok Utara atau Coastal Cleanup, Sabtu (12/3).

Kegiatan yang bertema “Rimbawan Menjaga Lingkungan, Menyukseskan Presidensi G20 Indonesia” diikuti oleh Manajemen Perusahaan, insan PLTU Jeranjang, Dinas Lingkungan Hidup NTB, Dinas Pariwisata, Pokmaswas Pandanan, BKP NTB, BPSPL Denpasar, dan perwakilan anggota Pramuka dari sekolah-sekolah di sekitar pantai Pandanan.

Perwakilan Manajemen PLTU Jeranjang, Angga Pradipta saat menghadiri acara tersebut mengatakan, aksi bersih pantai ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan.

Baca juga : MXGP Samota Kian Dekat, Peralatan Medis Sudah Sangat Siap

Tentunya kegiatan ini bersinergi dengan berbagai pihak, antara lain pemerintah daerah, kelompok binaan, pemuda, dan kalangan akademisi dalam mendukung program Gubernur NTB yaitu Zero Waste.

“Semoga kegiatan ini menjadi contoh bagi generasi muda si sekitar pantai untuk memperhatikan kebersihan dan ini juga mendukung program Gubernur NTB yaitu Zero Waste,” kata Angga.

Sementara itu, Pokmaswas Pandanan, H Sukur, mengucapkan terimakasih kepada semua pihak khususnya PT Indonesia Power yang ikut berpartisipasi pada kegiatan ini.

“Saya berharap kegiatan ini dapat menjadi hal yang baik khususnya bagi keasrian pantai Pandanan,” katanya.

Baca juga : PLTU Jeranjang Siap Support Kelistrikan MotoGP, Ketersediaan Batu Bara Cukup

Di waktu yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi NTB, Madani Mukarom, menyampaikan, dengan adanya event internasional MotoGP di Mandalika, Pulau Lombok menjadi fokus destinasi wisata dunia, sehingga diperlukan pengelolaan sampah dan kebersihan yang baik.

“Kegiatan ini sangat bagus, ini merupakan upaya PT Indonesia Power bersama stakeholder yang ada di pantai Pandanan untuk mendukung program NTB Zero Waste,” katanya.

Ia berharap, kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi daerah Dusun Pandanan dan daerah sekitarnya.

Pada kesempatan itu juga, dilakukan penyerahan bantuan monitoring PT Indonesia Power kepada Pokmaswas Pandanan. Penyerahan bantuan diserahkan langsung oleh perwakilan Manajemen PLTU Jeranjang, Angga Pradipta ketua Pokmaswas Pandanan, H Sukur.

Usai penyerahan bantuan, kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan Coastal Cleanup di sepanjang area garis pantai, pesisir dan pembersihan di dalam lautan yang dilakukan oleh komunitas penyelam NTB.

Adapun total sampah yang terkumpul adalah 110 kg dengan rincian sampah organik sebanyak 47 kg, sampah non organik sebanyak 63 kg.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu