Kreatif, Siswa Baru SDN 1 Taliwang Diajak Berpetualangan Keliling Sekolah

 

Taliwang, SIARPOST – Sejumlah peserta didik baru di SDN 1 Taliwang Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) diajak keliling sekolah pada hari pertama masuk sekolah, Senin (11/7). Kegiatan ini bertujuan untuk mengenalkan lingkungan sekolah kepada anak-anak tersebut sebelum kegiatan belajar dan mengajar dilaksanakan.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan yang diadakan setiap awal tahun ajaran baru untuk menyambut peserta didik baru.

Kegiatan MPLS bukan hanya dibutuhkan untuk siswa baru di tingkat SMP atau SMA saja, tetapi perlu dilakukan juga untuk SD.

“Ini bertujuan membantu siswa-siswi baru beradaptasi dengan lingkungan sekolah, mengenali potensi diri, memotivasi siswa untuk semangat belajar, serta menumbuhkan perilaku positif,” ungkap Kepala Sekolah SDN 1 Taliwang, Hadiatillah saat ditemui di Taliwang.

Ada beberapa kegiatan yang dilaksanakan dan diberikan kepada murid baru seperti pemaparan materi profil sekolah.

Profil sekolah meliputi identitas sekolah, visi dan misi, nama dan alamat sekolah.

Anak-anak juga diajak mengenal fasilitas-fasilitas yang ada di sekolah, ruang kelas, ruang kesehatan, taman, lapangan olahraga, dan fasilitas lainnya sehingga nantinya mereka dapat menggunakannya dengan baik.

“Supaya siswa-siswi baru mengenal bapak ibu gurunya yang mengajar di sekolah,” ujarnya.

Kegiatan ini juga bertujuan untuk mengarahkan dan mengembangkan potensi yang ada di diri siswa.

Ia juga mengatakan bahwa siswa baru harus terlibat aktif dalam kegiatan diskusi.
Diskusi bertujuan untuk memupuk pemahaman siswa mengenai sebuah topik serta belajar untuk menyampaikan pendapat yang baik. Diskusi dapat dilakukan pada setiap akhir penyampaian materi.

Siswa juga diberikan edukasi perilaku yang positif seperti hidup sehat, menjaga fasilitas sekolah, serta berpakaian rapi dan sopan.

Untuk memecah kejenuhan siswa, guru atau panitia pelaksana MPLS mengkreasikan game untuk siswa pada saat acara MPLS. Game bertema edukatif dan bekerja secara tim.

Selain bertujuan untuk memecah kejenuhan setelah pemaparan materi, hal tersebut juga bertujuan supaya siswa saling mengenal satu sama lainnya.

Dua Siswi Terbaik Masuk SDN 1 Taliwang

Dua siswi terbaik di masing-masing Taman Kanak-kanak (TK) rupanya masuk di SDN 1 Taliwang. Keduanya adalah Felysia Dzakira Najafqrin dan Raisa Aprilia Elvina yang sebelumnya di TK masing-masing menjadi murid andalan.

Raisa yang sekolah di PAUD HI PARIRI adalah murid yang rajin, kreatif, disiplin dan ceria. Begitu juga dengan Felly adalah murid TK Aisyiyah Dalam yang paling cerdas dan aktif dalam setiap kegiatan di sekolahnya.

Fely dan Raisa pernah mengukir cerita indah dan menjadi bintang di sekolah masing-masing.

Saat ini keduanya sama-sama masuk di SDN 1 Taliwang dengan harapan keduanya bisa lebih pintar, cerdas, kreatif, semangat dengan arahan dan ajaran dari guru yang kreatif dan sekolah yang ternama seperti SDN 1 Taliwang.

Kekurangan Guru Kelas.

Namun SDN 1 Taliwang ini masih punya kekurangan dari sisi pengajar, mereka kekurangan tenaga pendidik atau guru kelas.

“Kami masih kekurangan guru kelas, seperti guru kelas I.a dan I.c, begitu juga untuk kelas 2c dan III.b. Sekitar 6 guru kelas yang masih kurang,” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.