Membangun Desa Untuk Kesejahteraan, Kades Semamung dan UTS Tanda Tangan MoU

 

Sumbawa, SIARPOST | Kepala Desa Semamung, Rudi Mustaid menandatangani perjanjian kerjasama dengan Universitas Teknologi Sumbawa (UTS) dalam program kampus MERDEKA, Rabu (21/9) di hotel Grand Samota Sumbawa.

Tanda tangan kerjasama ini merupakan komitmen kepala desa untuk menerima mahasiswa yang akan melaksanakan praktek di desa tersebut.

Program membangun desa untuk kesejahteraan masyarakat (MERDEKA) menjadi semangat baru dalam pelaksanaan pengabdian masyarakat dari para mahasiswa UTS atau yang biasa dikenal dengan istilah KKN (Kuliah kerja nyata).

Pasalnya, progam ini akan berjalan selama satu semester, dimana mahasiswa akan melakukan perkuliahan, praktek dan aplikasi keilmuannya di desa.

“Kami menyambut baik program ini, di samping membangun kesejahteraan masyarakat di desa juga membantu mahasiswa dalam mengimplementasikan ilmu yang mereka dapat di kampus,” kata Kades.

Baca juga : Bapas Kelas II Mataram Libatkan Pokmas Lipas Bimbing Warga Binaan Pemasyarakatan

Ia berharap nantinya, para mahasiswa juga dapat membantu program prioritas yang dimiliki desa sehingga program berjalan baik dan sukses.

“Kami juga berterimakasih kepada UTS, program ini pastinya akan membantu desa dalam mengembangkan potensinya sehingga ada produk unggulan yang dapat dihasilkan,” ujarnya.

Dijelaskan oleh Rudi, program kerjasama antara UTS dan Desa Semamung tersebut mencangkup pendampingan dan edukasi kepada aparatur desa tentang kegiatan peningkatan kapasitas pengelola desa untuk rapi administrasi desa.

Kemudian pendampingan desa model sesuai potensi desa dengan bentuk desa digital, desa wisata, atau desa budaya. Sehingga dapat menghasilkan one village one produck (OVOP) sebagai produk unggulan yang dapat meningkatkan ekonomi kreatif di desa.

Program membangun desa untuk kesejahteraan masyarakat (MERDEKA) merupakan salah satu penjabaran dari kurikulum Kampus Merdeka yang digagas oleh Mendikbud. UTS menyambut baik bahkan menjadi yang pertama merealisasikan kurikulum ini dengan Program MERDEKA.

MERDEKA merupakan salah satu program unggulan UTS yang berkontribusi langsung ke desa. Membangun desa yang diimplementasikan dalam program pengabdian di desa.

Program ini adalah bentuk kegiatan pembelajaran yang bertujuan untuk mengasah softskill, kemitraan dan kolaborasi lintas disiplin serta leadership mahasiswa dalam mengelola program pembangunan di wilayah pedesaan.

Selain itu juga, dapat memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan keterampilan yang dimilikinya.

Baca juga : 312 Peserta Ikut Tes Tulis Rekrutmen Tenaga Kerja Smelter Pada Hari Pertama

Program ini telah dirumuskan sejak April 2020. Program MERDEKA merupakan hasil sinergi antara UTS dengan seluruh elemen terkait baik DPRD Kab.Sumbawa, Pemerintah Kab.Sumbawa (DPMD dan Bappeda), juga Pemerintah Desa. Kerja bersama inilah yang menjadi semangat dari pelaksanaan program merdeka ini. Mahasiswa UTS yang turun ke desa akan berdiskusi dengan masyarakat terkait potensi desa serta aspek yang akan diakselerasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sehingga, tim panitia Program MERDEKA bersama dengan seluruh civitas akademika UTS mempersiapkan inovasi yang bisa dikembangkan secara mudah, sederhana dan less cost tentunya.

UTS telah menyiapkan inovasi yang sudah dimiliki untuk dikembangkan di desa, seperti pembuatan produk baru berbasis Sumber Daya Alam lokal, pengembangan jamur tiram, peternakan bebek dengan teknologi, alat cuci tangan tanpa sentuh, produksi pakan ternak dan sebagainya.

Tentunya pasukan mahasiswa yang ditempatkan di desa yang berasal dari lintas keilmuan akan membantu tumbuhnya inovasi inovasi tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.