Tutup Festival Pinggir Kali, Firman Ananda : Pendidikan Penting Untuk Generasi Gemilang

 

Sumbawa, SIARPOST | Kegiatan “Festival Pinggir Kali” yang diinisiasi oleh Komunitas Pinggir Kali (Pupinka) yang diselenggarakan sejak bulan Agustus kemarin akhirnya ditutup secara resmi, Selasa (20/9) kemarin.

Ketua panitia, Firman Ananda dalam sambutannya, mengatakan, bahwa kegiatan Festival Pinggir Kali berjalan lancar, walaupun berbagai kendala teknis maupun non teknis dihadapi. Termasuk minimnya dana penyelenggaraan.

“Walaupun dana minim, Alhamdulillah terimaksih kepada teman-teman Pupinka, masyarakat Kelurahan Bugis, para peserta Festival dan semua yang terlibat sehingga kegiatan ini sukses,” kata Firman.

Firman juga menekankan, agar masyarakat dan pemerintah mendukung dan peduli terhadap pemerataan pendidikan anak-anak, karena ini adalah bagian dari usaha untuk terciptanya generasi dan Sumbawa gemilang.

Baca juga : Membangun Desa Untuk Kesejahteraan, Kades Semamung dan UTS Tanda Tangan MoU

Termasuk juga ekonomi dan kesejahteraan masyarakat, ia meminta pemerintah daerah harus memperhatikan dan membantu peningkatan ekonomi melalui UMKM lokal yang dimiliki warga Pupinka.

“Pemerintah harus memberdayakan UMKM lokal, karena melalui UMKM ini menjadi sektor yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat,” katanya.

Diutarakan Firman, Adapun rangkaian kegiatannya berupa Talkshow dengan tema pendidikan merdeka, camping literasi dengan tema literasi ekonomi digital, launching website PUPINKA, launching kelas bahasa Inggris dan berbagi kegiatan lomba memeriahkan 17 Agustus 2022.

Festival yang bertema “Pulih lebih cepat bangkit lebih kuat” ini bernilai seni dan budaya serta bertujuan untuk meningkatkan ekonomi warga sekitar karena panitia menyediakan space untuk UMKM yang dapat dimanfaatkan oleh warga.

Kegiatan festival ini ini juga menguji dan meningkatkan mentalitas para anak muda PUPINKA sehingga mampu tampil dan bersaing di dalam event lainnya di dalam maupun di luar daerah.

Di waktu yang sama, Sekertaris Lurah Bugis, Indra Jaya, mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan oleh Pupinka. Karena kegiatan tersebut merupakan gerakan positif yang bermanfaat bagi masyarakat.

Baca juga : Bapas Kelas II Mataram Libatkan Pokmas Lipas Bimbing Warga Binaan Pemasyarakatan

“Kami sangat apresiasi, walaupun kami dari pemerintah kelurahan belum bisa banyak memberi dan membantu,” katanya.

Di penghujung acara penutupan festival pinggir kali dilakukan pembagian hadiah beberapa lomba yang secara umum dimenangkan oleh tim Kodim Sumbawa disusul oleh tim Kapasari Dusun Kapasari Kecamatan Moyo hilir.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.