Polsek Pekat Bareng Elemen Warga, Serbu Kawasan hutan Tambora

 

Dompu, NTB – Pada Kamis (26/1/2023) sekira pukul 09.30 wita Polsek Pekat bersama elemen warga menyerbu Kawasan Hutan Tambora, dengan membawa ribuan bibit pohon untuk ditanam, tepatnya di So Kali Dolanipo, Desa Tambora, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu.

Kegiatan ini disponsori oleh rekan-rekan Mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Mahasiswa Pekat Dompu (Himpedom) bersama BKPH Tambora dan Balai Taman Nasional Tambora.

Terkait kegiatan, saat dikonfirmasi, Kapolsek Pekat, Ipda Muh. Sofyan Hidayat, S.Sos., mengemukakan bahwa penanaman bibit pohon tersebut dilaksanakan guna memperbaiki kembali kerusakan hutan khususnya di kawasan mata air Desa Tambora.

“Ribuan bibit mahoni, beringin bahkan sengon sukses ditanami di areal kawasan mata air Desa Tambora,” ungkap Kapolsek.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain, Kepala Resort BKPH Tambora, Junaidin S.Sos, Perwakilan Balai Tamnas, Taufik, Ketua Himpedom Jufri dan anggota, guru dan siswa SMK 1 Pekat, hingga masyarakat desa Tambora.

“Selain untuk penghijauan, giat tersebut dimaksudkan dalam rangka mengedukasi masyarakat tentang pentingnya melestarikan kembali hutan yang telah kritis serta bagaimana dampaknya ke depan,” jelas Kapolsek.

Di kesempatan yang sama, Kapolsek juga memberikan himbauan yang pada intinya meminta masyarakat Desa Tambora untuk tidak melakukan perambahan hutan terutama pada kawasan mata air.

“Masyarakat tidak diperbolehkan untuk membuka lahan baru dikawasan hutan Tambora,” tegasnya.

Ia menjelaskan, Bibit pohon yang telah ditanam sejatinya harus sama-sama dijaga dan dirawat agar dapat tumbuh secara berkesinambungan.

“Semua yang dilakukan hari ini, tak lain untuk anak cucu di masa yang akan datang,” ujar Kapolsek mengingatkan.

Usai melakukan penanaman bibit pohon, kegiatan berakhir pada pukul 11.30 wita berjalan aman dan lancar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *