Dandim 1607/Sumbawa, Tahun Baru Islam 1445 H Momentum Introspeksi Diri

 

Sumbawa Besar, SIARPOST.com – Setiap muslim diseluruh penjuru dunia memperingati pergantian tahun baru islam 1445 hijriah dengan berbagai cara baik dengan berdoa, termasuk tausiah ceramah agama sebagai bentuk rasa syukur.

Seperti yang dilaksanakan keluarga besar Kodim 1607/Sumbawa mengelar peringatan tahun baru Islam di Masjid Abdul Khair Makodim 1607/Sumbawa Jalan Yos audarso no 1 Kelurahan uma sima kecamatan Sumbawa Kabupaten Sumbawa Besar, Kamis (19/07/2023).

Pada kesempatan tersebut Dandim 1607Sumbawa Letkol Czi Cahyo Setiawan, S.E., M,Han dalam sambutan menyampaikan momentum peringatan tahun baru Islam 1445 H sebagai bentuk ungkapan syukur kepada Allah Swt atas rahmad yang masih diberikan kepada kita hambaNya, serta menjadi momentum introspeksi diri hal hal yang kurang ditahun sebelumnya untuk dapat lebih baik ditahun baru 1445 Hijriah, ungkap Dandim.

Termasuk dalam pergaulan kita dengan sesama baik dalam kedinasan maupun di kehidupan ditengah masyarakat untuk lebih baik lagi dimasa masa mendatang, sesuai dengan tema peringatan tahun baru Islam “Kita Tingkatkan Taqwa, Mantapkan Akhlak Mulia dan Kuatkan Persaudaraan, ujar Dandim

Senada yang disampaikan Dandim dalam ceramah Agama (Tausiyah) oleh Ustad Ahmad Jama’an
sesungguhnya momentum 1 Muharam syarat dengan kesakralan yaitu Perjalanan Hijrah Rasulullah Saw dari Kota Mekah menuju ke Kota Madinah.”Ini saatnya kita mengulang kembali hikmahnya di jaman Rasul silam,” ucapnya.

Dikatakannya mulai Tahun Baru ini saatnya kita introspeksi diri agar kedepan kita bisa lebih baik lagi, dan Orang yang dikatakan hijrah yaitu bagi orang-orang yang tahun sebelumnya banyak melakukan hal hal yang kurang baik ditahun baru ini menjadi momentum untuk memperbaiki agar lebih baik lagi dalam segala aspek kehidupan beramal sholeh untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Allah Swt , ujarnya.

Jika berbuat salah itu berkaitan dengan sesama umat manusia maka marilah kita saling memaaf-maafkankan, jika kita salah dan berdosa kepada Allah marilah bersistiqfar berhenti melanggar setiap apa yang dilarang dan jalankan segala perintah Allah SWT, ajaknya.

Dalam menyongsong akhir tahun dan awal tahun ini, marilah kita implementasikan dalam kehidupan bermasyarakat.
Jadikan tahun baru ini sebagai momen untuk menjalin hubungan silaturahim, hindari perbuatan maksiat, mohon ampunan dan bertaubatlah kepada Allah SWT atas segala dosa dan kehilafan kita, harapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu