Hari Pertama Operasi Zebra Rinjani 2020, Satlantas Polres Sumbawa Jaring 21 Pelanggar Lalu Lintas

 
Sumbawa, SIARPOST – Satuan lalu lintas Polres sumbawa melaksanakan Operasi Zebra hari pertama, Senin (26/10/2020)

Salah satu tujuan operasi tersebut dilaksanakan, yakni berkurangnya jumlah pelanggaran dan kecelakaan lali lintas di jalan raya, ujar Kasat Lantas Polres Sumbawa Iptu Samsul Hilal, SH.

Menurutnya, tujuan lainnya dari pelaksanaan Operasi Zebra yang akan digelar selama dua minggu kedepan, juga dimaksudkan untuk menurunnya lokasi kemacetan, pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas sesuai dengan karakteristik di wilayah masing-masing. namun tetap mempedomani protokol kesehatan guna memutus mata rantai penyebaran Covid-19 secara preventif, dan persuasif, dan humanis.

“diharapkan tercipta situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran (kamseltibcar) lantas yang aman dan nyaman,” terang Kasat Lantas.

menurut Iptu Samsul Hilal, yang menjadi target operasi ada 8 prioritas pelanggaran. Pertama pengendara sepeda motor yang tidak menggunakan helm Standar nasional Indonesia (SNI) , pengemudi roda empat yang melebihi batas maksimal kecepatan dan mabuk pada saat mengemudikan kendaraan bermotor.

adapun target prioritas pengemudi roda empat yang tidak menggunakan safety belt (sabuk keselamatan), Kendaraan roda Empat yang tidak sesuai penggunaannya seperti mobil pick up yang mengangkut penumpang, dan pengendara kendaraan bermotor yang masih di bawah umur, menggunakan HP saat berkendara, serta sepeda motor yang tidak sesuai spesifikasi menggunakan knalpot bising.

“Kami mengimbau masyarakat agar melengkapi surat kendaraannya saat mengemudi, mulai SIM dan STNK untuk kendaraan bermotor. Lalu bagi pengendara sepeda motor juga wajib menggunakan Helm SNI dan  pengemudi mobil wajib menggunakan safety belt atau sabuk keselamatan, serta disiplin menerapkan protokol kesehatan,” terang Samsul Hilal.

untuk diketahui, dalam pelaksanaan Operasi Zebra Rinjani 2020 Satlantas polres Sumbawa membagikan masker kepada pengendara yang tidak memakai masker. Kegiatan ini melibatkan sekitar 60 personil dari berbagai satuan/fungsi Polres, Satuan Brimob, POM, dan Dishub kabupaten Sumbawa.
dalam Operasi Zebra hari pertama, terjaring sebanyak 21 pelanggar lalu lintas didominasi Pelanggar Tidak Memakai Helm, Safety Belt, kelengkapan teknis kendaraan,serta mobil pick up yang mengangkut orang. sedangkan pelanggar protokol kesehatan hanya dua orang dan diberikan sanksi push up. (Humas)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu