Pentas Seni dan Pameran UKM Sukses Digelar, Samawa Exhibition Berhasil Bius Warga Sumbawa

Sumbawa, SIARPOST – Anak muda Kabupaten Sumbawa yang tergabung dalam Organisasi Pemuda TaPangPas sukses menggelar pentas seni budaya dan pameran UKM yang diadakan di spot pariwisata Ai Lemak Samota Kecamatan Sumbawa, Minggu (25/10).

Event yang diinisiasi oleh anak-anak muda kreatif ini berhasil membius masyarakat Kabupaten Sumbawa yang selama ini haus akan seni dan budaya yang semakin lama semakin tenggelam oleh perkembangan digitalisasi.

Sukses acara ini juga berkat dukungan dan perhatian serta apresiasi yang tinggi dari Paslon Bupati dan Wakil Bupati Jarot – Muklis.

Menunjukan Apresiasinya, Jarot – Mukhlis ikut menghadiri event tersebut dan bercengkaram bersama para anak muda serta mahasiswa. Jarot memberikan semangat kepada Pemuda untuk terus berkreasi dan berbuat yang terbaik untuk masyarakat dan Sumbawa.

Salah satu mahasiswa Universitas Teknologi Sumbawa (UTS), Nada asal Jakarta, jurusan Komunikasi yang ikut menyaksikan pentas seni dan pameran UKM tersebut mengatakan, event ini sangat excited atau sangat meningkatkan gairah akan seni dan budaya di Sumbawa.

“Dari aku sih sangat excited, saya apresiasi banget, saya suka budaya lokalnya unik, pemuda-pemuda seninya cerdas,” kata mahasiswa semester 5 yang mewakili nama Korps mahasiswa seni budaya UTS ini.

Menurutnya, jarang sekali melihat event seperti ini digabung menjadi satu, ada pendidikan, seni budaya, lingkungan, pariwisata, pemuda dan UKM.

Ia juga mengakui, walaupun tidak mengerti secara keseluruhan dari budaya lokal Sumbawa tetapi dari gelaran ini ia mengetahui bahwa inilah uniknya Sumbawa.

“Sebagian aku gak ngerti, tapi unik, andai bisa ngerti pasti lebih bisa menghayati lagi,” kata Nada yang suka dengan penampilan Pantonim ini.

Selain Nada, ada juga mahasiswa lainnya asal Jakarta, Firsta, yang mengapresiasi gelaran event ini, menurut Firsta event yang dilaksanakan ini membuatnya betah ingin belajar budaya Sumbawa yang belum banyak belum terekspose.

“Ini berkesan banget deh, sumpah!, dapat banyak keunikan, selain pentas seni ada juga UKM yang menampilkan berbagaimacam produk yang sulit ditemukan seperti olahan puding dari daun kelor, kerajinan, produk lainnya dari desa-desa yang unik,” ungkapnya.

Dua mahasiswa ini bersama puluhan mahasiswa lainnya rela menginap semalam di camp yang telah disediakan panitia secara gratis. Menurut Firsta, mereka menginap karena ingin total mengikuti pentas ini sampai selesai.

Sementara itu, Hariati, asal Kecamatan Alas yang mengunjungi event tersebut juga sangat terhibur oleh penampilan seni budaya, ia mengatakan ini adalah sebua wadah untuk menuangkan kreatifitas, keunikan bahkan untuk mempromosikan UKM yang belum dikenal.

“Saya bersama keluarga sengaja datang ke sini, saat melihat Fampletnya saya terkesan dan akhirnya dapat suguhan yang special lengkap,” katanya.

Terpisah, tokoh Budayawan, Yamin Abdullah, saat ditemui di Sumbawa, Senin (26/10) mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi Pemuda TaPangPas. Ia mengatakan, event ini bisa menjadi awal kebangkitan seni dan budaya Sumbawa serta UKM dari desa-desa sehingga dapat berkembang.

“Saya sangat apresiasi pergerakan anak muda ini, harusnya anak muda Sumbawa seperti mereka ini,” katanya.

Tambah Yamin, Seni dan Budaya ini adalah bagian dari sejarah panjang yang terbentuk dari zaman dulu, di dalamnya terkandung poin-poin penting dari sejarah yang telah dilalui di masa itu.

“Jadi jika pemuda zaman sekarang tidak lagi kenal yang namanya sejarah, maka cerita sejarah ini akan hilang,” katanya.

Salah satu Koordinator event Samawa Exhibition, Bintang Pamungkas, mengucapkan syukur atas terselenggaranya gelaran event ini. Selain menyambut hari Sumpah Pemuda, ini juga sebagai pemantik para anak muda agar bergerak melihat ke depan dan membangun Sumbawa dari bidang Seni dan Budaya.

“Ini adalah sejarah, brand Sumbawa, kemajuan daerah ini tidak lepas dari seni budaya yang terbentuk dari sejarah panjang,” katanya.

Oleh karenanya, event ini sebagai pemantik agar Seni dan Budaya serta UKM di Sumbawa ini semakin bergeliat dan berkembang sehingga bermuara pada peningkatan dalam bidang Pariwisata.

“Saya berharap ke depan event ini dapat terlaksana kembali, sehingga terus berkesinambungan, inilah cara kami anak muda berusaha membangun daerah ini lebih maju,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu