Ratusan Hektar Sawah Yang Baru Ditanami Padi di Dompu Direndam Banjir

Dompu, SIARPOST – Sekitar 100 hektar lahan sawah milik warga yang baru ditaburi bibit padi terendam banjir, Jumat (3/12). Banjir terjadi akibat luapan air di sungai Lancon Desa Kempo.

Menurut warga setempat, Intensitas hujan yang cukup sejak Jumat kemarin mengakibatkan air sungai meluap dan menggenangi lahan pertanian dan pemukiman warga Desa Kempo.

PPL Pertanian Kecamatan Kempo, Muhammad Sadam SPt saat dimintai keterangan, Sabtu, mengatakan, sekitar 95 hektar lahan pertanian yang terendam banjir baru ditanami padi.

Baca juga : Nekat Curi Sapi Siang Bolong, Dua Pria di Dompu Diciduk Polisi

“Setelah kami monitoring dan mengecek, cukup parah, petani harus menanam ulang padinya,” kata Muhammad.

Ia mengatakan, jika dihitung dan ditotal dari ratusan hektar lahan pertanian tersebut, akibat dari banjir ini kerugian petani bisa mencapai sekitar Rp500 juta.

Selain merendam lahan pertanian, akibat hujan deras yang mengguyur Kempo mengakibatkan banjir setinggi lutut orang dewasa juga merendam ratusan rumah di bantaran sungai di desa tersebut.

“Hujan sangat deras selama kurang lebih tiga jam, mengakibatkan air meluap,” ujar salah satu warga Desa Soro Barat, Iskandar, yang rumahnya juga terendam banjir.

Baca juga : Badan Amil Zakat Nasional Kabupaten Sumbawa Barat Mengucapkan Selamat Hari Bakti ke-76 PU

Diakui Iskandar, dirinya bersama warga lainnya langsung berusaha menyelamatkan barang-barang berharga. “Kami panik saat banjir datang, dan bergegas membawa harta benda kami,” tuturnya.

Beruntung dari kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, setelah beberapa jam kemudian air berangsur surut dan warga pun membersihkan rumahnya masing-masing.

Hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari pemerintah terkait dengan total kerugian yang diakibatkan oleh banjir tersebut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu