Aksi Heroik Satpol Airud Selamatkan 3 Orang Nyaris Tenggelam di Dompu

 

Dompu, SIARPOST – Aksi cepat nan heroik Personil Polairud Polres Dompu melakukan operasi penyelamatan 3 (tiga) orang nelayan yang ditemukan nyaris tenggelam di perairan sekitar Pulau Satonda, Kecamatan Pekat, Kabupaten Dompu.

Pasalnya tiga nelayan masing-masing Bandi, (35), Hamdi (18) dan Oderia (17) asal Dusun Sukamulia, Desa Kadindi Barat, Kecamatan Pekat, ditemukan dalam keadaan terombang-ambing dengan perahu yang sudah terbalik, bahkan di tengah cuaca buruk yang melanda saat kejadian.

Kapolres Dompu, AKBP Iwan Hidayat, S.I.K., melalui Kasat Polairud Polres, IPTU Lalu Muhammad Ikhsan via sambungan selulernya mengabarkan bahwa ketiganya berhasil kembali dalam keadaan selamat.

Baca juga : Seorang Pria di Dompu Ditemukan Gantung Diri, Ini Hasil Visumnya

Dalam keterangannya, Kasat Polairud menjelaskan, awalnya pada Senin (28/2/2023) pukul 05.30 wita, ketiga nelayan tersebut keluar menggunakan perahu dari pantai Dusun Beranti, Desa Nangamiro.

“Rencananya mau pergi melaut di perairan laut Flores, tepatnya di Sisi Utara Pulau Satonda, arah pukul 01.00 Wita, radius sekira 200 meter,” ungkap Kasat, Selasa (29/2/2023) sekira pukul 17.00 sore ini.

Lanjutnya, sekitar pukul 06.28 wita, ketiganya tiba di titik yang dituju. Lalu 2 (dua) dari mereka bersiap untuk turun dengan tujuan untuk memanah ikan. Namun, secara tiba-tiba cuaca buruk dengan kondisi gelombang tinggi datang menghantam perahu yang mereka tumpangi.

“Akibat hantaman ombak, perahu pun terbalik dan tenggelam,” tandas Kasat.

Baca juga : Serap Aspirasi Perubahan, AHY Berencana Temui Berbagai Elemen Masyarakat di Sulbar

Pada saat kejadian, dalam kondisi mengapung bersama perahu korban sempat meminta bantuan ke nelayan yang melintas disekitarnya yang tidak jauh dari tempat kejadian hingga nelayan di sekitar, menghampiri, sebagian lagi melapor ke Pospam Polairud yang terletak di pesisir Dermaga Beranti.

Mendapat informasi kejadian, sekitar Pukul 08.10 wita anggota Sat Pol Airud polres Dompu bersama relawan dari unsur warga Desa Calabai, melakukan pencarian dengan menggunakan sarana kapal patroli C2 No. lambung XXI-2005, dan 1 unit sarana speed boat milik relawan masyarakat Desa Calabai menuju arah pulau satonda.

“Pukul 08.35 wita berhasil ditemukan korban berada di pesisir Utara pulau satonda dalam keadaan selamat, kemudian mengevakusi korban dan, perahu ditonda dan tarik dengan menggunakan kapal patroli XXI-2005 menuju Dusun Beranti, Desa Nanga Miro,” paparnya.

Di akhir keterangannya, Kasat mengemukakan, sekitar Pukul 09.00 wita, anggota pos Polairud, bersama relawan masyarakat mengantar ke rumah, untuk dipertemukan dengan pihak keluarga.

“Ketiga korban dalam keadaan sehat,” pungkasnya.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *