Kodim 1607/Sumbawa Gelar Baksos Penanaman Mangrove Di Sepajang Pantai Dusun Luk A

 

Sumbawa Besar. SIARPOST.com – Kita ketahui mangrove adalah jenis tanaman dikotil yang hidup di habitat air payau dan air laut mangrove merupakan tanaman hasil dari kegiatan budidaya atau diambil dari alam, tanaman mangrove tidak dilindungi/dilarang untuk memanfaatkan, bagian-bagian tanaman tersebut, misalnya dimanfaatkan untuk dijadikan bahan baku kosmetik/farmasi atau bahan tambahan tekstil, Mangrove menjadi salah satu solusi yang sangat penting untuk mengatasi berbagai jenis masalah lingkungan khususnya di pesisir pantai.

Hal tersebut disampaikan Perwira Seksi Teritorial Kapten I Wayan Sulendra disela sela kegiatan baksos penanaman mangrove disepantaran pantai dusun luk A desa luk kecamatan rhee Sabtu, (8/4/2023).

Baca juga : Harta Rafael Alun Capai Rp2,5 Triliun, Lebih Besar dari Jokowi-Maaruf, Apa Saja Kekayaannya?

Selain itu Pasi Ter juga mengungkapkan bahwa tanaman mangrove juga sangat dibutuhkam terutama untuk mengatasi kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh rusaknya habitat untuk hewan. Kerusakan ini tidak hanya berdampak untuk hewan tapi juga untuk manusia. Mangrove telah menjadi pelindung lingkungan yang sangat besar, urainya.

Pentingnya menjaga kelestarian alam dengan menanam tanaman bakau, karena manfaatnya yang banyak bagi kelangsungan pantai ditempatnya,selain itu tanaman bakau juga dapat membuat suasana sekitar pantai menjadi lebih indah. seperti dibeberapa tempat, tanaman bakau dijadikan sebagai tempat wisata, dengan menaiki kapal yang sudah disediakan oleh pihak pengelola. Dimana para wisatawan bisa duduk santai diatas kapal kecil sambil memutari kawasan hutan bakau.

Baca juga : Dianggap Tidak Sesuai Konstitusi, Simak Kekurangan Sistem Pemilu Proporsional Terbuka

Selain itu tanaman bakau juga memiliki manfaat yang penting bagi kehidupan di sekitar lingkungannya,ujar Pasi ter.

Pasi ter juga menjelaskan bahwa hutan mangrove menjadi salah satu subjek utama bagi pengembangkan lingkungan di Indonesia. Banyak lembaga sosial yang bergerak dalam bidang lingkungan terus mensosialisasikan manfaat mangrove. Hal ini mendukung kesadaran masyarakat bahwa mangrove memang penting untuk melindungi lingkungan. Melestarikan kawasan mangrove adalah usaha yang sangat baik untuk menstabilkan kondisi lingkungan dan menyelamatkan semua habitat di hutan mangrove.

Selanjutnya tanaman bakau juga bermanfaat untuk melindungi pantai dari erosi. tanaman bakau yang tumbuh ditepi pantai dapat melindungi dataran dari hempasan ombak secara langsung. Sehingga ombak tidak langsung menghempas kepinggir daratan, pungkas Pasi ter.

Demikian juga penanaman pohon mangrove di laksanakan di sepanjang areal yang terbuka di pantai wisata luk A,dan sepanjang aliran sungai dari dusun Luk A ke muara diharapkan akan memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar termasuk menumbuhkan kepedulian masyarakat dalam melestarikan alam, imbaunya.

Adapun yang hadir dalam kegiatan tersebut Pasi ter Kodim 1607/Sumbawa Kapten inf Wayan Suledra, Danramil 1607-09/Utan Rhee
Kepala Desa Luk, Bpk Junaedi. SE, Babinsa Desa Luk, Serda Akhyar, Babinkamtibmas Desa Luk Brigadir Komang Widnyana. Kadus Desa Luk A, A. Rahman, Anggota Kodim Dan Koramil 1607-09 Utan Rhee,Anggota Pramuka dan Masyarakat Setempat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu