2 Tanda Orang Yang Berhasil Mendapatkan Malam Lailatul Qadar

 

SIARPOST.com  – Malam Lailatul Qadar merupakan malam istimewa yang hanya ada di bulan suci ramadhan. Bahkan dikatakan bahwa malam Lailatul Qadar lebih baik dari malam seribu bulan.

Dalam salah satu ceramahnya, Ustaz Adi hidayat menyampaikan 2 tanda orang yang berhasil mendapatkan malam Lailatul Qadar di sepuluh hari terakhir ramadhan.

Dilansir dari tayangan youtube channel Jejak Wali dengan judul “2 Tanda orang yang berhasil mendapatkan Malam Lailatul Qadar” yang diunggah pada 26 Apr 2022.

Malam Lailatul Qadar, semua malaikat yang berada di langit akan turun secara serentak ke bumi. Bahkan digambarkan bahwa bumi sampai penuh sesak dengan malaikat.

“Turun semua malaikat sampai kata para ulama, saking banyaknya yang turun malaikat maka keadaan bumi itu jadi padat,” tutur Ustaz Adi Hidayat.

Baca juga : Walikota Bandung, Yana Mulyana Akhirnya Ditetapkan Tersangka Kasus Suap Program Smarcity

Dengan banyaknya malaikat yang turun memadati bumi, maka keadaan akan mejadi tenang dan pohon-pohon seperti terlihat diam tak bergoyang karena tertiup angin.

Menurut Ustaz Adi Hidayat, ada dua jawaban tanda seseorang mendapat malam Lailatul Qadar, yaitu seseorang hatinya tenang dan damai seperti tanpa masalah hidup.

“Saking padatnya karena semua turun ke bumi maka pepohonan, kalau tertiup angin tidak terlalu banyak bergerak, diam, tenang, bagus, teduh,” terang Ustaz Adi Hidayat.

Lantas apa yang harus dilakukan umat Muslim saat malaikat turun ke bumi pada malam Lailatul Qadar?. Menurut Ustaz Adi Hidayat, hanya ada dua jawaban, salah satunya adalah berdoa.

“Kata para ulama satu banyak berdoa. Hampir semua hadis, kalau malaikat turun dalam satu amalan itu langsung memberikan ridho dan mengaminkan setiap doa yang dimohonkan,” ujar Ustaz Adi Hidayat.

Baca juga : Belum Setahun Menjabat, Walikota Bandung Terjaring OTT KPK, Dugaan Kasus Suap  

“Yang kedua banyak memohon ampunan,” lanjutnya menambahkan.

Dari penjelasan tersebut, terungkap bahwa malam Lailatul Qadar ditandai dengan suasana yang penuh ketenangan dan kedamaian.

“Di malam itu tanda-tanda Lailatul Qadar itu tenang, damai, perasaannya beda. Malam itu suasana hati tenang, seperti tidak ada persoalan, alam kelihatannya bagus,” tambahnya.

Sementara lebih lanjut ia menjelaskan, dalam tafsir lain disebutkan ciri-ciri orang yang mendapatkan kemuliaan malam Lailatul Qadar yang dapat dirasakan dan dilihat pada keesokan harinya.

“Maka setelah mendapatkan malam Lailatul Qadar, esok harinya dia merasa lebih tenang. Lebih baik, lebih damai, lebih ingin ibadah meningkat, dan menjauhi maksiat. Karena kalau Allah sudah mencintai seorang hamba, dan diampuni dosanya maka yang pertama dilakukan, akan menjaga dia dari perbuatan maksiat. Yang kedua dibuat dia senang berbuat baik, meninggalkan keburukan,” terang Ustaz Adi Hidayat.

Ustaz Adi Hidayat kemudian menjelaskan bahwa tanda malam Lailatul Qadar adalah suasana tenang dan damai. Saat malam Lailatul Qadar, rasanya berbeda dari malam-malam sebelumnya.

“Maka setelah dia mendapatkan itu (malam Lailatul Qadar) esok harinya kelihatan lebih tenang, lebih baik, lebih damai,” ujar Ustaz Adi Hidayat.

Beliau menambahkan bahwa orang yang berhasil mendapatkan malam Lailatul Qadar memiliki rasa selalu ingin melakukan ibadah dan menjauh dari hal maksiat.

“Lebih ingin untuk ibadah meningkat, menjauhi maksiat,” terang Ustaz Adi Hidayat.

Menurutnya, jika Allah SWT telah mencintai dan mengampuni dosa seorang hambanya maka yang pertama dilakukan adalah menjaga hambanya dari perbuatan maksiat. Kemudian, Allah SWT akan menjadikan hambanya tersebut gemar melakukan perbuatan baik.

“Meninggalkan keburukan, meningkatkan kebaikan,” tutur Ustaz Adi Hidayat. Wallahu A’lam Bishawab.

 

 

Sumber : TVone

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu