Desa Tambak Sari Segera Verifikasi Data dan Atur Strategi, Percepat Pencapaian STBM

Sumbawa Barat, SIARPOST – Desa Tambak Sari Kecamatan Poto Tano Sumbawa Barat akan segera memverifikasi data masyarakat yang belum memiliki lubang penyerapan dan bak sampah dalam pencapaian Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Verifikasi data tersebut untuk segera merealisasikan pencapaian penuntasan pilar keempat yaitu pengolahan sampah dan pilar kelima pengolahan limbah cair rumah tangga dalam program STBM.

Sebelumnya para Pegawai Negeri Sipil (PNS) dan Pegawai Tidak Tetap (PTT) yang berdomisili di Tambak Sari serta kepala Dusun bersama-sama telah mendata rumah-rumah warga, dari data tersebut akan segera direncanakan kegiatan selanjutnya untuk menuntaskan pilar empat dan lima.

Baca juga : Kembangkan Wisata Keluarga Tingkatkan Ekonomi, Desa Tambak Sari Bangun Lapak

“Kami telah mengadakan rapat koordinasi yang dihadiri Camat Poto Tano, Kapolsek, Danramil, Kadus dan ASN yang berdomisili di Tambak Sari, untuk segera merencanakan strategi agar penuntasan dua pilar itu dapat segera tercapai,” ungkap Kepala Desa Tambak Sari, Suhardi saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis (15/4).

Data yang telah diverifikasi nantinya akan dibahas lagi oleh tim koordinasi di tingkat dusun dan hasilnya akan menjadi dasar kegiatan tim untuk menyasar rumah-rumah yang belum tuntas pilar keempat dan lima.

“Alhamdulillah bantuan dari ASN dalam menuntaskan STBM di Tambak Sari ini sangat luarbiasa. Semoga usaha kita dapat tercapai sebelum 100 hari kerja Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa Barat,” katanya.

Dalam menuntaskan dan mencapai tujuan tersebut, ia bersama ASN, Kadus dan koordinator per dusun akan menentukan strategi apa yang akan digunakan.

Setelah data diverifikasi maka akan dilakukan pembuatan lubang penyerapan limbah cair rumah tangga dan pembuatan bak sampah di rumah-rumah warga.

Baca juga :

“Ini kita lakukan secara gotong royong dulu, lansia dan warga miskin harus dibantu terlebih dahulu. Kalau bukan kita siapa lagi yang akan berbuat, dengan harapan dua pilar ini segera tuntas,” kata Kades.

Ia meneruskan, bahwa sejauh ini tidak ada kendala dalam pendataan, tinggal implementasi saja terkait dengan pendataan yang telah dilakukan.

Pihaknya juga selama ini telah melakukan musyawarah per dusun untuk mensosilaisasikan program STBM yaitu pilar 4 dan 5 dan melibatkan ASN agar rencana ini dapat segera berjalan maksimal.

Ia berharap kepada masyarakat Desa Tambak Sari agar tetap semangat dalam melaksanakan program yang dihajatkan oleh Bupati Sumbawa Barat dalam menuntaskan STBM.

“Sebelum pemda masuk dan mengintervensi melalui bantuan, kita harus bekerja lebih dulu secara gotong royong, ini bukti dari kekompakan dan kepedulian kita bersama,” katanya.

Supaya apa yang menjadi harapan Pemda Sumbawa Barat, tambahnya, dapat kita laksanakan dan kita capai bersama di Desa Tambak Sari. Oleh karenanya, tim koordinasi bergerak cepat dan menindaklanjuti data yang telah diverifikasi.

Selain itu, untuk mempercepat progress kegiatan, setiap dusun telah dibentuk posko STBM. Di posko itu akan menjadi media komunikasi dan koordinasi dengan stake holder terkait dalam mempercepat progress pencapaian STBM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu