Desa Tambak Sari Salurkan BST, Kades Pastikan penyaluran Transparan dan Akuntabel

Sumbawa Barat, – Pemerintah Desa Tambak Sari menyalurkan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada warganya di kantor desa setempat, Kamis (15/4).

Bantuan Sosial Tunai yang bersumber dari dana pemerintah pusat Kementerian Sosial tersebut disalurkan kepada masyarakat melalui kantor Post Kecamatan Seteluk.

“Alhamdulillah kegiatan penyaluran BST melalui kantor Post Kecamatan Seteluk-Poto Tano sudah diserahkan kepada warga Tambak Sari yang berhak menerimanya sesuai dengan data yang sudah terdaftar di Kementerian Sosial,” ujar Kepala Desa Tambak Sari, Suhardi saat ditenui di ruang kerjanya, Kamis (15/4).

Data paraa penerima BST ini, tambah Kades, yaitu hasil dari verifikasi pada tahun kemarin. BST ini ditransfer langsung oleh Kementerian Sosial kepada rekening penerima.

Kades juga memastikan bahwa penerima dana BST sudah sesuai dengan data yang telah diverifikasi dan sesaui kriteria yang ditentukan pemerintah pusat.

Baca juga : Desa Tambak Sari Segera Verifikasi Data dan Atur Strategi, Percepat Pencapaian STBM

Kades memastikan kalau BST ini tidak boleh diterima oleh perangkat desa dalam hal ini staf desa dan kepala dusun, serta tidak juga diberikan kepada pegawai tidak tetap yang bekerja di pemerintah daerah maupun karyawan swasta.

“Setiap masyarakat yang menerima pendapatan dari pemerintah daerah atau pegawai swata yang memiliki penghasilan tetap tidak boleh masuk dalam daftar penerima BST,” tegas Kades.

Adapun besaran BST yang diterima warga adalah Rp 300.000 perbulan dan diberikan sebanyak dua bulan sehingga warga menerima BLT sebesar Rp 600.000.

”Alhamdulillah sudah diserahkan langsung kepada masyarakat. Kami sudah memfasilitasi pihak Post terkait dengan pembagian BST agar penyalurannya transparan, akuntabel, terbuka, agar apa yang menjadi hajat pemerintah berjalan sesuai harapan kita bersama,” katanya.

Bagi warga yang tidak mendapat bantuan BST, PKH dan BPNT, pihak desa akan mengakomodirnya melalui Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa.

“Alhamdulillah kegiatan berjalan aman dan lancar, terimakasih kepada pihak Post, TNI Polri dan masyarakat atas suksesnya kegiatan tersebut,” tandasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu