Tampil Pertama di Kategori Compound, Zabir Atlet Panahan Dompu Kalahkan Atlet PraPON NTB


/PengProv Perpani NTB terus Bina Atlet Muda Sasar Pra PON dan PON Aceh

Sumbawa Barat, SIARPOST – Sebuah kebanggan yang ditorehkan salah satu atlet panahan asal Kabupaten Dompu Muhammad Syafiudin Zabir di Kejurda NTB tahun 2021 yang diadakan di Kabupaten Sumbawa Barat, Minggu (19/12).

Ia mampu tembus empat besar di event Kejurda tersebut pada kategori compound 50 meter Putra, bahkan mengalahkan atlet PraPON NTB asal Sumbawa Barat.

Tembus empat besar pada kategori Compound adalah hal yang luarbiasa, Compound menjadi standar kompetisi internasional yang diikuti oleh atlet-atlet yang berpengalaman.

Baca juga : Borong 5 Medali di Kejurda NTB, Perpani Dompu Harap KONI Support dan Apresiasi Atlet Berprestasi

Tetapi walaupun minim pengalaman, M Syafiudin Zabir yang biasa dipanggil Zabir ini mampu menunjukan kehebatannya walaupun ia pertama kali terjun di kategori Compound.

“Alhamdulillah Zabir berhasil tembus ke 4 besar Compound putra dan mengalahkan salah satu atlet Pra PON asal Sumbawa Barat dan melaju ke partai semifinal,” ujar Ketua Harian Persatuan Panahan Indonesia (Perpani) Kabupaten Dompu, Abdul Kharis yang ditemui di Taliwang, Minggu (19/12).

Namun pada partai semifinal, perjalanan Zabir dihentikan oleh atlet berpengalaman asal Sumbawa Besar yaitu Bagus yang meraih tempat ke tiga.

”Kami sebagai orang tua dan keluarga besar Perpani Dompu sangat bangga kepada Zabir yang telah berusaha maksimal walaupun alat panahan yang digunakan Zabir adalah alat yang paling murah di kelasnya,” kata Abdul Kharis yang juga orang tua dari Zabir.

Abdul Kharis berjanji, ke depan Zabir akan terus dilatih dan akan terus dibimbing sehingga dapat terus berkembang dan mendapat jauara di semua kompetisi.

“Peralatan kami di Dompu masih sangat kurang, selama ini segala biaya untuk mengikuti kompetisi kami keluarkan dari kantong pribadi, support dari KONI Dompu sangat kami harapkan,” katanya.

Ia berharap pemerintah daerah melalui KONI dapat mensuport Perpani Dompu agar ke depan para atlit berprestasi tetap semangat dalam mengembangkan dirinya.

Baca juga : Pengurus Lembaga Pers Mahasiswa Islam PB HMI Resmi Dilantik, Direktur Utama Akan Fokus Berdaya dan Berkarya

Begitu juga dengan atlet muda berbakat seperti Zabir, harus terus disuport dengan semangat dan alat yang memadai.

“Alhamdulillah walaupun alat yang digunakan Zabir kualitas rendah tetapi berhasil masuk 4 besar dibanding para atlet lainnya yang menggunakan alat seharga puluhan juta,” kata Haris.

Keberhasilan Zabir tembus empat besar di kategori compound ditanggapi oleh Ketua Harian Pengprov Perpani NTB, H Hartono Ahmad M.Si yang ditemui di Taliwang, Minggu (19/12).

Hartono mengatakan bahwa atlet yang berbakat akan diseleksi dan dibina untuk mengikuti PorProv dan Pra PON 2023 bahkan PON Aceh pada 2024 mendatang.

“Atlet Usia dini tetap kita bina supaya mereka nilai dan prestasinya tetap meningkat, bukan Kejurda saja tetapi mereka juga harus mengikuti kejuaran nasional atau kejuaraan di daerah lain agar mental dan fisik terbentuk,” kata H Hartono.

“Atlet berprestasi ini terus kita pantau. Semoga di Pra PON 2023 nanti kita bisa lolos sampai ke PON Aceh 2024,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *