Uji Coba Kapal Cepat Trans Sekongkang ke Lombok, Kurang Dari 1 Jam Sampai

/Cek Tarif dan Lokasinya.

Sumbawa Barat – Dinas Perhubungan Kabupaten Sumbawa Barat (KSB) melakukan uji coba atau soft launching kapal cepat Trans Sekongkang dari Dermaga Labu Lalar menuju Dermaga Telong Elong Lombok Timur, Sabtu (11/6).

Kepala Dinas Perhubungan KSB H Abdul Hamid dalam laporannya mengatakan, kapal cepat Trans Sekongkang yang beroperasi dari Dermaga Labu Lalar ke Lombok Timur ini semakin menambah alternatif jalur penyeberangan dan mempermudah akses masyarakat dari Sumbawa Barat ke Lombok atau sebaliknya.

“Ini uji coba atau pelayaran perdana kapal cepat Trans Sekongkang dari Labu Lalar ke Lombok Timur, Alhamdulillah berjalan lancar, situasi di laut juga aman dan nyaman selama perjalanan,” kata H Abdul Hamid, Sabtu (11/6).

Baca juga : Tanda Tangan MoU, Universitas Moestopo Berikan Kesempatan UKW Untuk Wartawan MIO Indonesia

Adanya kapal cepat ini, tambah Abdul Hamid, sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat yang berada di sekitar dermaga dan dampak kepada masyarakat ini sejalan dengan geliat pembangunan pasca pandemi covid-19 sekarang ini.

Jika jarak tempuh dari KSB bagian selatan seperti Maluk, Sekongkang, Labu Lalar dan sekitarnya menuju Mataram ditempuh dengan waktu sekitar 5 jam lebih, maka dengan adanya kapal cepat di Dermaga Labu Lalar ini, jaraknya menjadi sangat singkat.

Dari Dermaga Labu Lalar ke Dermaga Telong Elok Lombok Timur dapat ditempuh sekitar 50 menit saja, kemudian penumpang akan dijemput oleh bus dan diantar sampai Mataram.

Dalam pelayaran uji coba tersebut ada 7 orang yang menumpang di kapal cepat Trans Sekongkang di antaranya Kadis Perhubungan KSB, Kades Labu Lalar, Kadus Wara A, dua orang staf UPTD Dermaga Labu Lalar, satu CEO Trans Sekongkang dan tiga orang crew kapal.

Baca juga : Dandim Bagikan Simbolis Susu Serdadu Kepada Prajurit Kodim 1628/SB

Tarif untuk sekali trip adalah Rp 180 Ribu, harga itu sudah termasuk biaya sewa Bus dari Pelabuhan Telong Elong Lombok Timur ke Mataram. Sementara kapasitas kapal tersebut berjumlah 25 penumpang.

“Jadi gak perlu kawatir sampai di pelabuhan Lombok Timur sudah ada bus yang mengantar sampai Mataram atau Bandara dan Rp 180 ribu itu incloud semua,” katanya.

Jika semua faktor pendukung sudah mantap dan siap, tambah H Abdul Hamid, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama akan diselenggarakan acara grand launching pelayaran perdana bersama Bupati KSB dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah lainnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu