Abdul Rafiq : Membangun Spirit Kebangsaan melalui Napak Tilas Bung Karno

 

 

Blitar, SIARPOST – Belajar dan menyelami nilai nilai kepahlawanan dan kebangsaan tidak hanya melalui buku dan cerita, namun bisa juga dengan menapak tilas perjalanannya, melihat secara langsung jejak sejarah dan museum serta makamnya. Hal inilah yang dilakukan oleh kader dan Anggota Fraksi PDI Perjuangan Se- NTB termasuk dari Kabupaten Sumbawa.

Selepas diberangkatkan pada Jumat Pagi (10/3) dari Pelabuhan Lembar Lombok, oleh ketua DPD PDI- Perjuangan H. Rachmat Hidayat SH, Rombongan mengendarai Bus Jumbo dan menyeberang menuju Pelabuhan Ketapang – Banyuwangi.

Setiba di Ketapang pada Sabtu (11/1) dinihari, Bus menjajal jalan tanah Jawa menuju Kota Blitar melalui rute Pantura, jalur ini merupakan rute Utama di Jawa Timur, Banyak Kabupaten yang dilewatinya diantaranya, Banyuwangi, Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Malang, dan Blitar.

Di sepanjang jalan rombongan menikmati indahnya pemandangan alam seperti laut, hutan, persawahan, hutan mangrove, pantai putih, perkotaan,pasar, pedesaan, perkebunan, Industri listrik, tambak garam dan sebagainya. Hal ini bisa jadi memberikan inspirasi bagi peserta trip karena banyak yang berbeda dengan apa yang ada di daerah asal.

Dihubungi oleh media ini,Sabtu (11/1) Ketua DPRD Kabupaten Sumbawa yang juga ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sumbawa, Abdul Rafiq, dirinya memberikan apresiasi kepada DPD PDI- Perjuangan Provinsi NTB, khususnya kepada Ketua DPD PDI- Perjuangan Bapak H. Rachmad Hidayat SH yg telah menginisiasi kegiatan ini. “pesertanya tercatat 150 orang dari seluruh pengurus DPC, DPD dan Fraksi se NTB”. Jelasnya.

Dijelaskannya, pesan H Rachmat Hidayat saat pelepasan bahwa tujuan kegiatan “Trip Ziarah Makam Bung Karno” ini, adalah sarana menanamkan semangat dan nilai juang kepahlawanan dan kebangsaan kepada para kader partai, juga sebagai proses interaksi dan implementasi dalam mengajarkan kader partai untuk bersama – sama meneladani semangat dan perjuangan para pahlawan yang tidak berhenti berjuang mempertahankan NKRI, buahnya nanti Kader lebih bersemangat berjuang di Daerah.

“Napak tilas Bung Karno perlu dilakukan, karena sebagai warga Indonesia harus memahami sejarah bangsa dan Bung Karno sang proklamator kemerdekaan RI, hal ini telah banyak dilakukan oleh rakyat Indonesia, baik Pemerintah, pelajar, masyarakat umum setempat, dan semangat inilah yang kita upgrade kembali.

Direncanakan juga dalam rundown acara rombongan akan berkunjung kebeberapa tempat pariwisata diantaranya Wisata Coban Rondo , Agro Wisata Kusuma, Museum Angkut serta berkunjung ke Jombang menapak tilas perjuangan H. Hasyim Asy’ari di Museum Hasyim Asy”ari dan Makam Hasyim Asy”ari serta ke Makam Gus Dur.

“Dengan Trip ini, kita berharap dapat menjadi energi positif yang bisa membawa kebaikan dan kebahagiaan bagi Kader serta lebih semangat, kompak dalam berjuang” Pungkasnya. (AM/Ruf)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu