BPPD NTB Apresiasi Kegiatan Famous 2023 yang diselenggarakan oleh Poltekpar Lombok

 

Lombok Tengah, SIARPOST.COM – Dalam rangka mempromosikan Sustainable Tourism di Pulau Lombok, Politeknik Pariwisata (Poltekpar) Lombok menyelenggarakan acara FAMOUS (Familiarization Trip of Sustainability) 2023 di Desa Karang Sidemen, Kecamatan Batukliang Utara, Lombok Tengah, Senin (23/10/2023).

Acara ini dihadiri oleh sejumlah tokoh penting di industri pariwisata, termasuk perwakilan Dinas Pariwisata Lombok Tengah, Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) NTB, Baiq Ika Wahyu Wardhani, dan beberapa Ketua serta perwakilan dari Asosiasi Pariwisata NTB.

FAMOUS sendiri merupakan salah satu program dari Mahasiswa semester 7 Poltekpar Lombok yang bertujuan untuk melakukan sosialisasi dan memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang pentingnya keberlanjutan dalam sektor pariwisata kepada para pelaku Wisata di Desa Desa Wisata di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Baca juga : Warga Kecewa dan Rusak Kantor BKPH Ampang Plampang Sumbawa, Kadis LHK NTB Julmansyah Turun Tangan

Selain itu tujuan lainnya adalah membantu promosi destinasi wisata terpilih agar lebih dikenal oleh masyarakat luas atau lebih Famous.

Desa Karang Sidemen dipilih sebagai lokasi FAMOUS 2023 karena dinilai memiliki potensi besar sebagai salah satu destinasi wisata berbasis alam, Budaya dan sosial kemasyarakatan yang merupakan elemen penting dalam penerapan konsep sustainable tourism.

I.A.Y Sari Dewi Utami Pidada, M.I.Kom, CHE, selaku Pengampu Mata Kuliah Aplikasi Manajemen Bisnis Perjalanan Poltekpar Lombok, menjelaskan bahwa Desa Wisata Karang Sidemen merupakan salah satu destinasi wisata yang layak mendapatkan pembinaan.

Desa Karang Sidemen memiliki banyak destinasi wisata alam yang layak untuk dikembangkan. Beberapa diantaranya sudah cukup populer seperti Danau Biru, Hortipark, Lembah Surga, Taman Nuraksa, Air Terjun Semilir, dan Air Terjun Corong Batu. Selain itu, desa ini juga memiliki banyak produk ekraf yang siap dipasarkan, seperti Kopi Kelebut, Kopi Versilia, Kopi Sidemen, Gula Semut serta aneka kerajinan bambu dan kerajinan berbahan dasar daun pandan.

Baca juga : Bank NTB Syariah Serahkan Puluhan Tandon Air Untuk Masyarakat Terdampak Kekeringan di Lombok Utara

Acara yang berlangsung di Base Camp Desa Wisata Karang Sidemen ini juga diikuti oleh sejumlah Travel Agent dan Media.

Selain mendapatkan pengenalan terkait potensi wisata yang dimiliki oleh Desa Karang Sidemen, para peserta juga mendapatkan kesempatan berinteraksi langsung dengan masyarakat setempat untuk memahami bagaimana keberlanjutan dapat diintegrasikan dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Ketua BPPD NTB, Baiq Ika Wahyu Wardhani yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap Poltekpar Lombok dan Desa Karang Sidemen atas upaya mereka dalam mempromosikan pariwisata yang berkelanjutan. Beliau  mengatakan,

“Kami berharap acara ini dapat menjadi momentum untuk menguatkan komitmen semua pihak dalam menjaga kelestarian alam dan budaya, serta membangun pariwisata Desa yang ramah lingkungan di Pulau Lombok.”

Beliau juga menambahkan FAMOUS 2023 diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pengembangan pariwisata berkelanjutan di Pulau Lombok, khususnya di Desa Karang Sidemen.

Baca juga : Barisan Pemuda Hindu (BPHI) NTB Akan Kawal Kasus Pantai Duduk Lobar, Minta Kajari Pertimbangkan Eksekusi

“Selain membantu mempromosikan Desa Wisata Karang Sidemen, Kami dari BPPD NTB berharap adik adik dari Poltekpar Lombok juga bisa membantu mengidentifikasi potensi wisata dan melakukan pemetaan terhadap potensi potensi tersebut serta mengikatnya sebagai sebuah produk wisata yang siap dalam bentuk paket wisata untuk di jual oleh teman teman Travel Agent,” katanya.

Paket tersebut tidak mesti sepenuhnya berisi produk wisata Desa Karang Sidemen saja, tetapi bisa juga di kombinasikan dengan produk dari Desa sekitarnya seperti Lantan, Tanak Beak dan Aik Berik.” Jelas Baiq Ika lagi.

Sementara itu, Ketua Pokdarwis Desa Karang Sidemen, Irwan Afandi mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Poltekpar Lombok yang telah memilih Desa Karang Sidemen sebagai lokasi kegiatan FAMOUS 2023.

“Kami sangat senang dan berterima kepada Poltekpar Lombok dan semua tamu undangan yang hadir terutama BPPD Provinsi NTB dan Perwakilan Kadispar Lombok Tengah yang telah secara langsung melihat ragam produk wisata dan Ekraf yang kami miliki di Desa Wisata Karang Sidemen.”Ungkap Irwan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Oi, gak boleh Copas, minta izin dulu